Sukses

Jangan Karena Usia Wanita `Terpaksa` Menikah!

Seringkali wanita terpaksa menikah karena tekanan sosial dari usia.

Wanita yang diburu-buru menikah karena usia jangan sampai salah memilih suami. Kenali si pria lebih dalam agar wanita tak salah memilih.

"Seringkali, tekanan sosial misalnya karena usia membuat wanita `terpaksa` menikah meskipun sesungguhnya belum tahu benar pasangannya," kata Psikolog Klinis Universitas Sanata Dharma Heri Widodo, MPsi., saat dihubungi Liputan6.com dan ditulis Jumat (15/11/2013).

Menurutnya, mengenal pasangan itu perlu. Apalagi menikah berarti memutuskan melangkah ke jenjang berikutnya dalam tahap perkembangan individu. Dan keputusan ini sebaiknya merupakan keputusan yang bersifat mandiri, meskipun tetap mempertimbangkan masukan dari lingkungan eksternal.

Keputusan menikah juga tidak mudah karena selain menyangkut kesiapan psikologis juga menyangkut kesiapan di area ekonomi, sosial dan sebagainya.

"Keputusan untuk menikah berkaitan dengan komitmen yaitu kesetiaan terhadap pasangan yang dipilihnya tidak hanya untuk saat ini namun juga untuk masa-masa yang akan datang, tidak hanya saat datangnya situasi menyenangkan dan bahagia, namun juga dikala kesedihan dan derita datang dalam pernikahan mereka," katanya.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.