Sukses

Polio Mewabah di Suriah, Diduga Akibat Penjihad dari Pakistan

Wabah polio yang kini tengah menghantui anak-anak di Suriah, menurut Menteri Sosial di Suriah, Kindah al-Shammat, berasal dari Pakistan

Wabah polio kini menghantui anak-anak di Suriah. Menurut Menteri Sosial di Suriah, Kindah al-Shammat, polio itu berasal dari para penjihad yang datang dari Pakistan.

Pekan lalu, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) bidang kesehatan di Amerika mengonfirmasi, sebanyak 10 kasus polio yang terjadi di Timur Laut Suriah, terjadi pada bayi dan balita yang semuanya berusia di bawah 2 tahun. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pihaknya tengah menunggu hasil lab lainnya yang menunjukkan adanya gejala polio di sana.

Kepada the Associated Press, Kindah mengatakan bahwa para penjihad dari Pakistanlah yang harus disalahkan atas kasus yang terjadi di Suriah.

"Virus ini berasal dari Pakistan, dan dibawa ke Suriah oleh para penjihad yang berasal dari sana," kata Kindah menjelaskan, seperti dikutip FoxNews, Rabu (6/11/2013)

Kindah menambahkan, ia berani berkata seperti  itu mengingat bahwa Pakistan merupakan salah satu dari tiga negara yang terdapat endemik tetap polio.

Kindah menjelaskan, pemerintah di sana kini telah meluncurkan kampanye imunisasi untuk melindungi semua anak di Suriah. Namun sayang, Kindah tidak mengatakan dengan jelas apa dan bagaimana kampanye vaksinasi akan dilakukan.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.