Sukses

Mau Cegah Keropos Tulang? Jangan Berenang!

Saat berenang, tubuh terbebas dari tekanan gravitasi bumi dan sama sekali tidak terbebani oleh berat yang mampu merangsang kepadatan tulang.

Berenang merupakan olahraga air yang dipercaya mampu menambah tinggi badan. Selain itu juga terkenal sangat baik untuk kardiovaskular, membantu melenturkan tubuh, serta melatih kekuatan. Namun menurut dr. Fiastuti Witjaksono Msc. MS SpGL dari Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) berenang memperburuk kepadatan tulang.

"Berenang memang baik untuk jantung tapi tidak untuk kepadatan tulang, justru itu memperburuk," tutur Fiastuti, ditulis Rabu (30/10/2013).

Hal ini disebabkan karena saat berenang, tubuh kita terbebas dari tekanan gravitasi bumi dan sama sekali tidak terbebani oleh berat yang mampu merangsang kepadatan tulang. Peningkatan massa otot dan tarikan kuat di seluruh tubuh tidak mampu menstimulasi peningkatan kepadatan tulang.

Fiastuti mengatakan untuk perenang tetap dapat melakukan aktivitasnya dengan latihan tidak hanya di air saja. "Makanya perenang masih baik tulangnya karena tidak hanya latihan di air tetapi juga di darat yang didampingi ahlinya serta konsumsi makanan sehat," ungkapnya.

Pencegahan osteoporosis pada perenang dapat melakukan sedikit latihan angkat beban di air karena tekanan beban dapat menstimulasi peningkatan kepadatan tulang dan latihan di darat seperti basket atau angkat barbel.

Selain itu juga dibutuhkan makanan sehat seperti buah dan sayur untuk hasil maksimal.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.