Cara Alami Usir Selulit di Tubuh

Oleh Melly Febrida pada 30 Okt 2013, 15:30 WIB
Diperbarui 30 Okt 2013, 15:30 WIB
selulit-paha-130530b.jpg
Perbesar
Salah satu masalah yang umum dihadapi wanita adalah selulit baik itu di paha, panggul, perut, maupun pantat. Meski sulit dihilangkan sepenuhnya, wanita bisa menghindarinya atau mengatasinya.

Kebanyakan wanita rela menghabiskan uang demi menghilangkan selulit. Daripada mengeluarkan uang yang belum tentu mengatasi selulit, Anda bisa mencoba memperbaiki selulit secara mandiri di rumah. Inilah 5 solusi alami untuk mengatasi selulit seperti dikutip Magforwomen, Rabu (30/10/2013):
2 dari 6 halaman

ikan-dengung-131023c.jpg
Perbesar


1. Pijat dan sikat di daerah bermasalah

Sering memijat kulit meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang aliran limfatik yang menjaga kulit dari selulit di masa depan. Anda bisa memijat daerah yang berselulit dengan minyak esensial seperti almond, rosemary, bunga matahari, adas manis, dan cemara.

Cara ini bisa memperbaiki kulit yang terkena selulit. Cara lain adalah dengan menyikat dan memijat kulit. Gunakan sikat halus dan kering sebelum mandi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Pijatan tersebut meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki drainase getah bening.

Sikat kering akan membuka pori-pori dan menghilangkan kulit mati dari tubuh. Arahkan ke atas dan gerakan lembut untuk hasil yang bagus.
3 dari 6 halaman

lemak-paha-130930b.jpg
Perbesar


2. Latihan teratur

Latihan fisik meningkatkan aliran darah dan bisa membantu mengurangi selulit. Fokus pada latihan yang menargetkan pada daerah selulit seperti paha, perut, dan pinggul.

Untuk mengurangi jumlah selulit di bawah pori-pori kulit, Anda perlu menurunkan lemak yang berlebihan di dalam tubuh Anda. Pilihlah berjalan, berenang, bersepeda, atau jogging yang mengeluarkan keringan. Juga jangan lupa minum air secara berkala untuk menghindari dehidrasi.
4 dari 6 halaman

minyak-kanola-131016b.jpg
Perbesar


3. Oleskan minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa pada daerah selulit secara rutin akan membuatnya berkurang. Minyak kelapa merupakan antiinflamasi yang mudah menembus kulit dan memelihara kulit.

Obat lainnya yang bisa Anda gunakan adalah mencampurkan beberapa minyak cypress dan geranium oil. Campurkan minyak tersebut dan simpan selama beberapa jam. Kemudian, tambahkan beberapa tetes minyak lemon dan minyak jeruk ke dalam campuran. Lalu simpan di tempat dingin.

Setelah sehari, pijat daerah yang terkena selulit selama beberapa menit. Ulangi setiap hari untuk mengatasi selulit dan meningkatkan aliran darah.
5 dari 6 halaman

wanita-olahraga-130923b.jpg
Perbesar

4. Ginkgo Biloba

Ramuan ini bisa meningkatkan sirkulasi darah, membantu metabolisme, membakar lemak. Ginkgo biloba merupakan obat alami untuk mengobati selulit. Gunakan ramuan ekstrak kering untuk hasil terbaik.
6 dari 6 halaman

pijat-sensual-130918c.jpg
Perbesar

5. Konsumsi lemak sehat

Konsumsilah makanan yang kaya Asam Lemak Omega-3 seperti biji rami, minyak ikan, dan kacang-kacangan, bukan yang dari lemak jenuh . Ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan dengan demikian memberikan nutrisi ke tubuh secara merata.  Ini juga akan membantu dalam penyembuhan masalah kulit selulit.

Memang, Anda tak bisa mencegah selulit sepenuhnya, tapi Anda bisa menghindarinya dengan gaya hidup yang sehat dengan menjauhi makanan berlemak, yo-yo diet, mengontrol berat badan, dan olahraga teratur.

(Mel/Abd)
Lanjutkan Membaca ↓