Sukses

Kopi Susu Pemicu Osteoporosis

Susu memang baik untuk tulang namun bisa juga memicu osteoporosis bila ditambahkan kopi di dalamnya.

Susu memang baik untuk tulang namun bisa juga memicu osteoporosis bila ditambahkan kopi di dalamnya. Menurut dr. Fiastuti Witjaksono Msc. MS. spGK dari Perhimpunan Osteoporosis Indinesia (Perosi) hal ini dikarenakan kopi dapat menghambat kalsium.

"Kebiasaan yang sederhana tetapi sebenarnya salah yaitu minum susu dicampur dengan kopi, susu memang bagus untuk tulang tetapi kan kooi penghambat kalsium," ujar dr. Fiastuti, ditulis Rabu (30/10/2013).

Fiastuti menambahkan, selain menghilangkan kopi, hal lain yang perlu dihindari agar tidak berisiko osteoporosis yaitu alkohol, merokok, dan kurang berolahraga. "Pastikan asupan kalsium tercukupi, sumber kalsiun berasal dari susu, produk susu, kacang, tahu tempe dan sayuran bewarna hijau," katanya.

Selain itu Fiastuti menambahkan, menjaga asupan vitamin D lewat paparan matahari juga diperlukan. "Jangan takut kena matahari itu baik untuk tulang, sebelum jam 9 pagi dan setelah jam 3 sore," ujar Fiastuti.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini