Sukses

Bila Anak Anda Demam, Inilah yang Harus Dilakukan!

Pemberian obat pada saat anak demam ternyata tidak untuk menurunkan suhu dari demam itu sendiri.

Pemberian obat saat anak demam tidak untuk menurunkan demam. Lantas apa gunanya?

Obat penurun demam yang sering diberikan ke anak-anak funsginya untuk membuat anak menjadi nyaman sehingga ia bisa lebih rileks.

Ketika sedang demam, kebutuhan akan cairan  akan semakin meningkat. Untuk itu, ketika anak terserang demam, ibu harus lebih rutin memberikan cairan ke buah hati masing-masing. Jangan sampai, ibu tidak memberikan itu sama sekali.

"Kalau anak kita masih bayi demam dan dia memang lagi air susu ibu (ASI) eksklusif, berikan saja ASI. Bila tidak, berikan ia berupa cairan yang memang cocok dikonsumsi untuk usia masing-masing buah hati bunda," kata Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah dan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK-UPH), dr. Fransisca Handy, SPA, IBCLC saat diwawancarai Health Liputan6.com, ditulis Senin (28/10/2013)

Lebih lanjut dokter yang tergabung di dalam Milis Sehat ini mejelaskan, bahwa demam itu sebenarnya cara tubuh untuk bertahan. Pada saat demam, suhu dengan sengaja ditingkatkan oleh peningkat suhu di tubuh manusia. Fungsi suhu dinaikkan, agar sel-sel menjadi lebih aktif.

"Suhu itu memang sengaja dibuat untuk melawan kuman yang masuk. Jadi, dengan pemberian obat umumnya tidak menurunkan suhu, melainkan membuat anak lebih nyaman dan rileks," terangnya.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini