Sukses

Coba Deh Kakek atau Neneknya Diajak Latihan Angkat Beban!

Latihan angkat beban membantu meningkatkan kekuatan bagi siapa saja, termasuk mereka yang sudah tergolong lanjut usia (lansia).

Latihan angkat beban membantu meningkatkan kekuatan bagi siapa saja, termasuk mereka yang sudah tergolong lanjut usia (lansia).

Namun bila dari latihan itu Anda juga berharap akan mengembangkan atau memperoleh otot yang indah, Anda harus menyertai program latihan itu dengan makan daging.

Menurut laporan American Journal of Clinical Nutrition dikutip Kamis (24/10/2013) sebuah pengkajian pernah dilakukan dengan membandingkan dua kelompok pria yang melakukan latihan angkat beban.

Kedua kelompok itu memperoleh diet yang berbeda. Kelompok pertama memperoleh  protein  hewani, kelompok kedua tidak memperoleh daging sama sekali. Kekuatan kedua kelompok itu memang terus meningkat, tapi hanya mereka yang makan daging saja yang memperoleh peningkatan otot  secara signifikan.

Tapi untuk itu, Anda tidak perlu makan semur daging tiap hari. Apalagi kalau usia Anda sudah di atas 40."Cukup beberapa kali seminggu saja sudah bagus," ujar Heidi Skolnik, seorang ahli nutrisi dari New York, AS.
 
Lepas dari tujuan memperindah otot, latihan beban dengan porsi yang berbeda juga memberi manfaat bagi lansia, bahkan bagi lansia yang sudah harus menggunakan kursi roda.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat di  Archives of Physical Medicine and  Rehabilitation, latihan angkat beban sedikitnya sebulan sekali meningkatkan kekuatan lengan dan kaki  hingga 20 persen, bagi mereka yang sudah berusia di atas 75 tahun dan sudah tidak mampu mengerjakan setidaknya satu dari 13 kegiatan sederhana dalam hidup sehari-hari.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini