Sukses

Antara Es krim, Gelato dan Sorbet Mana Lebih Sehat?

Baik eskrim, gelato, sorbet, ketiganya begitu lezat. Tapi jika dilihat dari segi kesehatan, mana ya yang lebih baik?

Baik es krim, gelato, sorbet, ketiganya begitu lezat. Apalagi jika dikonsumsi di siang hari yang terik. Tapi jika dilihat dari sisi kesehatan, mana ya yang lebih baik?

Menurut Ronald Prasanto dari Ron's Laboratory (Molecular Gastronomy gelato), membandingkan antara es krim, Gelato dan Sorbet itu cukup sulit. Tapi jika diukur dari kadar lemak, paling sehat yaitu sorbet.

"Gelato lebih sehat daripada es krim, sorbet lebih sehat daripada gelato. Itu kalau diukur dari fat (lemak). Tapi masalahnya, tubuh manusia juga butuh lemak, kalsium, dan vitamin D. Jika begini, berarti es krim lebih bagus daripada sorbet. Jadi jika ingin lebih sehat, tergantung dari kebutuhannya," kata Ron yang diwawancarai Liputan6.com beberapa waktu lalu dan ditulis Senin (21/10/2013).

Ron mengingatkan bahwa gelato itu dibuat dengan bahan mayoritas susu, es krim mayoritas krim, dan krim itu lemaknya lebih tinggi. Maka itu dari segi banyaknya lemak, sorbet lebih sehat karena terbuat dari air yang dibekukan atau jus manis dengan buah yang dibekukan, cokelat, wine dan lainnya.

"Meskipun gelato lebih sehat daripada es krim dari segi kandungan lemaknya, tapi bagi yang punya lactose intolerance gelato juga tidak bisa mengonsumsinya. Saya bilang sorbet itu paling aman karena hampir semua orang menyukainya," tambahnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.