Sukses

Ayo Menabung Tulang Sebelum Usia 30 Tahun

Memiliki tulang yang baik dan tinggi kalsium sebelum usia 30 tahun, juga dapat dijadikan tabungan masa depan untuk masing-masing individu.

Tabungan masa depan tidak hanya sebatas uang, rumah, dan saham. Memiliki tulang yang baik dan tinggi kalsium sebelum usia 30 tahun, juga dapat dijadikan tabungan masa depan untuk masing-masing individu.

Mengapa demikian? Alasan sebenarnya cukup sederhana. Ternyata, memiliki tulang yang baik, akan menghindari orang tersebut dari penyakit pengeroposan tulang, seperti Osteoporosis.

Menurut Dr. dr. Flastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), untuk mendapatkan itu semua caranya cukup sederhana. Hanya dengan mengonsumsi susu tinggi kalsium dua kali per hari, dapat menurunkan tingkat pengambilan kalsium dari tulang, terlebih bila itu dilakukan semenjak usia remaja.

"Selain mengonsumsi susu tinggi kalsium, orang tersebut juga harus mengonsumsi vitamin D, produk susu, dan jangan lupa terpapar sinar matahari. Tidak perlu lama-lama, cukup 10-15 menit,  itu sudah memenuhi standar. Tapi matahari yang baik, ada di jam 9 pagi dan jam 4 sore," kata Fiastuti Witjaksono.

Hal ini disampaikan Dr. dr. Flastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK dalam acara Media Launch 'Anlene Generasi Bergerak', di Cone fX Sudirman, Jakarta, Jumat (18/10/2013)

Dilanjutkan Fiastuti, Osteoporosis merupakan penyakit silent disease yang mengancam baik wanita maupun pria. Akan tetapi, untuk penyakit satu ini memang paling banyak diderita oleh para wanita.

Tapi, penyakit ini memiliki faktor yang dihindari agar ia terhindar dari Osteoporosis.

"Faktor yang bisa dihindari memiliki pola makan yang baik, konsumsi kalsium, dan gaya hidup yang diubah. Tidak lupa, untuk berolahraga," kata dia.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini