Sukses

Saat Alami Kegagalan, Harus Ngapain Ya?

kegagalan bisa menimbulkan rasa benci, emosi, terluka dan kecewa butuh waktu untuk pulih dari pukulan emosional akibat kegagalan.

Kegagalan seharusnya menjadi guru besar untuk menjadi lebih baik, namun terkadang ada rasa rasa kesal dan tidak terima. Lalu bagaimana cara tepat belajar dari kegagalan tanpa mengulangi kesalahan lagi?.

Menurut Clinical Psychologist and Author Emotional First Aid, Guy Winch, Ph.D. kegagalan bisa menimbulkan rasa benci, emosi, terluka dan kecewa, untuk mengatasi itu butuh cara mengatasinya kalau tidak hal ini akan terjadi lagi.

Dalam hal ini butuh pemikiran dan pencarian jiwa, sehingga memberikan diri sedikit waktu untuk pulih dari pukulan emosional kegagalan sebelum mulai bangkit.

Cara berikut dikutip Huffingtonpost, Jumat (11/10/2013) cara berikut dapat membantu menganalisis kegagalan dan mengidentifikasi faktor kegagalan dengan cara:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman



1. Evaluasi kembali perencanaan Anda

Kebanyakan dari orang-orang hanya memanfaatkan sedikit waktu untuk perencanaan, namun menurut Winch seharusnya butuh waktu yang matang dalam merencanakan tujuan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal buruk terjadi, rencanakan beberapa strategi, pertimbangkan terkait kemunduran potensial dan memikirkan solusi untuk mengatasi permasalahan yang sekiranya akan muncul ketika semua strategi tidak berhasil.
3 dari 5 halaman



2 . Evaluasi kembali persiapan Anda

Tidak hanya perencanaan yang matang, persiapan mental dan fisik juga diperlukan. Kesehatan fisik dan mental diperlukan agar saat kegalan terjadi tidak terjadi gangguan atau masalah mental, karena terkadang rasa emosi akibat gagal dapat mempengaruhi fisik dan mental.

Dengan persiapan yang matang maka masalah tersebut dapat diatasi, kesiapan membuat lebih cepat bangkit untuk menjadi lebih baik lagi.
4 dari 5 halaman



3 . Evaluasi kembali tujuan Anda

Usahakan konsisten dengan tujuan yang akan dicapai, motivasi juga penting agar tidak mudah merubah tujuan. Terkadang banyak orang yang sudah putus asa terhadap tujuan awal kemudian merubah ke tujuan yang baru. Namun menurut Winch sebaiknya selesaikan terlebih dahulu tujuan awal.
5 dari 5 halaman



4. Fokus dan kendalikan emosi Anda

Kegagalan memang bisa menjadi guru besar, fokus pada tujuan bila gagal kendalikan emosi dan cobalah untuk menerima dan meyakini akan ada hal yang lebih baik.

Temukan pelajaran yang didapat, berpikir positif akan membantu untuk cepat membangkitkan semangat untuk memulai kembali dan membangun tujuan yang baru.


(Mia/Abd)
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini