Sukses

Kalau Anda Punya Orangtua, Perhatikan Hal Ini!

Masalah kesehatan lansia (lanjut usia) ternyata bukan cuma masalah penyakit dalam yang banyak, tapi juga masalah kesehatan mentalnya.

Masalah kesehatan lansia (lanjut usia) ternyata bukan cuma masalah penyakit dalam yang banyak, tapi juga masalah kesehatan mentalnya.

Seperti dikatakan Direktur Bina Kesehatan Jiwa BUK Kementerian Kesehatan RI, Eka Viora. Menurutnya berdasarkan data Riskesdas terbaru, pola penyakit lansia (lanjut usia) di atas 65 tahun, sebagian besar adalah gangguan mental emosional. Selebihnya adalah hipertensi, katarak, dan gangguan sendi.

"Gangguan tersebut seperti depresi, demensia, gangguan cemas, dan insomnia kronis yang membutuhkan perawatan jangka panjang dan biaya besar," jelas Eka.

Begitu juga yang ditulis data Perkumpulan Dokter Ahli Geriarti. Eka menyampaikan, dari 15 RS di provinsi, hanya ada 6 persen lansia yang terdata mengalami depresi dan 43 persen diduga mengalami kecenderungan depresi.

Maka itu Eka mengatakan, kesehatan jiwa khususnya bagi para lansia ini harus menjadi prioritas. Karena penyakit lansia lainnya dapat diobati sementara masalah mental cukup sulit,"  ungkap Eva.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini