Sukses

Jumlah Lansia Potensial `Meledak`

Pertumbuhan lansia di Indonesia meningkat. Pada 2020, jumlah lansia akan menjadi 29 juta jiwa

Perhatian dunia saat ini sepertinya sedang fokus pada populasi lanjut usia (lansia) yang terus meningkat. Karena dalam peringatan `Hari Kesehatan Jiwa Sedunia` tahun ini, tema yang diangkat adalah kesehatan jiwa lansia.

Begitu disampaikan Direktur Bina Kesehatan Jiwa BUK Kementerian Kesehatan RI, Eka Viora, pada acara seminar Mental Health in Older Adults di Hotel Bidakara, Kamis (10/10/2013).

Menurutnya, saat ini di Asia Tenggara, diperkirakan ada 142 juta lansia dan diprediksi akan meningkat 3 kali lipat setiap tahunnya. Sementara di Indonesia, pertumbuhan lansia juga tidak kalah meningkat.

"Dari data 2009, penduduk lansia ada lebih dari 20 juta jiwa. Dan pada 2020 akan menjadi 29 juta jiwa atau 11 persen dari total penduduk Indonesia," kata Eka.

Kondisi ini, disebut Eka merupakan tantangan baru dalam penanganan kesehatan lansia. Utamanya, kesehatan jiwa (keswa). Karena semakin tua usia, risiko penyakit degeneratif termasuk gangguan kesehatan jiwa akan semakin besar.

(Fit/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini