Sukses

Penyebab Aneh Orang Bisa Grogi

Orang bisa grogi karena berbagai alasan. Tapi, ada penyebab aneh yang bisa membuat orang grogi yakni dengan mencium aroma.

Orang bisa grogi karena berbagai alasan. Tapi, ada penyebab aneh yang bisa membuat orang grogi yakni dengan mencium aroma.

Sejumlah aroma bisa mengacaukan suasana hati seseorang. Ketika seseorang merasa cemas dan kemudian terkena aroma yang netral, saraf mereka menjadi jengkel.

Apa yang terjadi? Bagian otak yang menunjukkan emosi dan bau biasanya dipisahkan. Tapi, jika Anda mengalami emosi tertentu seperti cemas atau grogi, Anda lebih mungkin melihat aroma netral sebagai sesuatu yang negatif.
Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Wisconsin-Madison

"Sebuah siklus yang terjadi, emosi dapat mengontrol cara Anda melihat aroma dan pada gilirannya memengaruhi suasana hati Anda," kata Penulis Penelitian, Wen Li, Ph.D seperti dikutip MensHealth, Rabu (2/10/2013).

Aroma memang bisa membangkitkan kecemasan seseorang, tapi fenomena itu bisa menjelaskan mengapa parfum mantan pacar Anda bisa membuat telapak tangan berkeringat atau jika bos Anda memecat Anda saat makan siang, Anda bisa merasakan mual.

Untuk menghindari aroma memengaruhi suasana hati Anda, Anda harus menyadari hubungan keduanya. Namun, selain menghilangkan sumbernya, Anda bisa mengirimkan pesan berbeda ke otak dengan hanya tersenyum. Penelitian dari University of Kansas menunjukkan, berpura-pura tersenyum bisa mengelabui tubuh Anda sehingga Anda benar-benar merasa bahagia.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini