Sukses

Kreatif! Ganti Gambar Rokok dengan Grafiti

Di Australia, kampanye kesehatan bukan cuma dalam bentuk iklan, billboard atau poster. Tapi juga seni grafiti.

Di Australia, kampanye kesehatan bukan cuma dalam bentuk iklan, billboard atau poster. Tapi anak muda yang memiliki keahlian grafiti disana dimanfaatkan untuk mengubah gambar rokok yang ada di tembok di jalan-jalan Australia menjadi lukisan yang indah.

Seperti diungkapkan ahli kesehatan asal Australia, Prof. Rob Moodie. Ia mengungkapkan bahwa pemuda Australia yang senang corat-coret tembok biasanya akan dimanfaatkan untuk mengampanyekan kesehatan tanpa rokok.

"Disana tembok atau bahkan billboard rokok, akan diubah menjadi gambar yang lebih bagus oleh para grafiti," ungkap Rob pada acara talkshow 'Upaya penanggulangan dampak merokok terhadap kesehatan' bersama  Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, ditulis Minggu (29/9/2013).

Seperti diketahui, grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti merupakan ekspresi seni yang harus dihargai.

Ada banyak seniman terkenal yang mengawali kariernya dari lukisan kreatif yang disebut grafiti ini. Dan orang-orang ini dikatakan Prof. Rob di Australia dimanfaatkan untuk mempercantik kota disana sambil mengampanyekan anti rokok.

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.