Sukses

Kantin Sekolah Mau Diperiksa? Silakan Hubungi Ini!

Hubungi ke nomor 84304047-49, dan mobil laboratorium keliling BPOM siap datang ke sekolah untuk menguji pangan jajan di sekolah dasar.

Maraknya jajanan di sekolah dasar yang mengandung bahan-bahan berbahaya memerlukan pengawasan dan solusi mengatasinya. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah melakukan upaya salah satunya dengan mengoperasikan mobil laboratorium keliling sejak 2009.

"Sudah sekitar 2009 mobil laboratorium keliling ini beroperasi, kali ini kami (BPOM) lebih mengawasi dan memperhatikan jajanan sekolah," ujar Staf BPOM yang kerap ditugaskan di mobil laboratorium keliling, Ratna.

Pengawasan jajanan sekolah khususnya sekolah dasar sangat penting untuk meningkatkan status gizi anak sekolah dan kemanan pangan.

"Menurut data persentase KLB keracunan pangan di tingkat SD setiap tahunnya antara 68-79 persen, maka jajanan sekolah dasar memerlukan pengawasan dan perhatian khusus," ungkap Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan bahan Berbahaya BPOM, DR. Roy Sparringa PhD, Rabu (25/9/2013).

Selain mobil laboratorium keliling juga dilakukan penyuluhan terkait pengawasan pangan jajanan sekolah. Setiap sekolah berhak menerima penyuluhan dan mencoba menguji keamanan pangan di mobil laboratorium keliling ini.

"Bila ada sekolah yang ingin kami kunjungi, kami akan respons dengan lebih dahulu menghubungi balai BPOM ke 84304047-49. Kami siap datang ke sekolah yang menghubungi kami. Selain itu, kami pun punya daftar sekolah yang kami kunjungi setidaknya seminggu tiga kali" ujar Ratna saat diwawancarai Liputan6.com di aula gedung C BPOM, Salemba, Jakarta.

Menurut Roy Sparringa, pada prinsipnya BPOM siap membantu dan bekerja sama untuk mengatasi maraknya jajanan pangan berbahaya di sekolah.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini