Sukses

Seberapa Ahli Anda Menguasai Gaya Bercinta?

Mari ikuti kuis berikut ini agar dapat menjalani kegiatan seks yang lebih aktif dan variatif, sehingga membuat perkawinan panjang umur

Ke mana saja pikiran Anda mengembara saat bercinta? Apakah Anda sering berfantasi dan bereksperimen? Psikolog Dr. David Schnarch menggambarkan tiga gaya interaksi seks dalam bukunya Passionate Marriage (1997), yaitu sexual trans (pikiran terfokus pada sensasi fisik), hubungan antarpartner (pikiran terfokus pada hubungan seks yang memperdalam hubungan emosional), peran dalam sandiwara (Anda dan pasangan saling berbagi fantasi).

Termasuk yang manakah Anda? Mari ikuti kuis berikut ini agar dapat menjalani kegiatan seks yang lebih aktif dan variatif, sehingga membuat perkawinan panjang umur dan sehat.

1.    Apa yang biasa dipikirkan selama berhubungan seks dengan pasangan? Mana di antara pernyataan berikut yang menggambarkan perasaan Anda itu?
a.    Pikiran saya berfokus pada perasaan yang menjalari seluruh tubuh.
b.    Saya mengalami hubungan emosional dengan pasangan.
c.    Saya dan pasangan adalah bintang film erotis yang menarik.
d.    Poin a dan b.
e.    Poin a dan c.
f.    Poin b dan c.
g.    Poin a, b, c.

2.    Ketika berfantasi selama berhubungan seks dengan pasangan, apakah Anda akan mengatakan kepadanya apa yang difantasikan itu?
a.    Ya.
b.    Tidak.
c.    Tidak pernah berfantasi seks.

3.    Pada saat seks menjadi hal yang berulang dan rutin pada perkawinan yang stabil dan bahagia, alasannya:
a.    Karena pasangan sudah mengalami penyesuaian satu sama lain.
b.    Pasangan cenderung membatasi kegiatan seks menjadi konservatif karena pasangan konservatif pula.
c.    Pasangan tidak berani mengubah pola kegiatan seks yang sudah ada.
d.    Ketiga jawaban di atas benar semua.

4.    Mengingat kondisi sosial dalam budaya kita, apakah definisi hubungan seks yang paling nyaman dan menarik untuk para wanita?
a.    Hubungan antarpartner.
b.    Hubungan yang bisa membuat pikiran dan tubuh jatuh ke kondisi trans.
c.    Sebuah permainan seperti sandiwara.
d.    Semuanya benar.

5.    Kalimat berikut ini, mana yang paling menggambarkan dengan tepat perasaan trans pada saat berhubungan seks?
a.    Seperti pengalaman halusinasi.
b.    Saya seperti melupakan pasangan.
c.    Perlu banyak waktu untuk bisa seperti itu.
d.    Itu teknik yang ketinggalan zaman.

6. Anda dan pasangan punya koleksi topeng gulat Meksiko sebagai perlengkapan dalam berhubungan seks. Di samping itu, Anda juga punya pakaian dalam yang tampak menggoda selain busana kerja. Gaya bercinta apa yang dipilih?
a.    Hubungan antarpartner.
b.    Kinky sex (hubungan seks yang aneh dan ruwet).
c.    Seperti bermain sandiwara.
d.    Hubungan seks yang membuat keadaan menjadi trans.

7. Pasangan yang menguasai dan memadupadankan tiga gaya bercinta akan mengalami keuntungan:
a.    Terangsang dan mencapai orgasme tanpa berusaha terlalu keras.
b.    Aktivitas seks jadi satu-satunya realitas hidup.
c.    Pasangan jadi saling mengerti dan menghormati satu sama lain.
d.    Ada variasi dalam berhubungan seks.
e.    Jauh dari rasa frustrasi karena keinginan seksualnya tidak terpenuhi.
f.    Semua pernyataan di atas.

8. Pendapat tentang frekuensi hubungan seks dan ÒgayamuÓ versus ÒgayakuÓ adalah tanda bahwa sebuah perkawinan mulai goyah.
a.    Betul.
b.    Salah.

9. Semakin baik seseorang mengenali pasangannya, semakin mudah bagi pasangan itu menikmati gaya bercinta yang berbeda-beda.
a.    Betul.
b.    Salah.

10. Jika seseorang mencintai Anda, ini berarti ia akan puas hidup bersama Anda dengan segala kelebihan dan kekurangan.
a.    Betul.
b.    Salah.

Penilaian

1. Bila Anda memilih a, gaya bercinta Anda adalah sexual trance. Bila B, berarti hubungan antarpartner, sedang c berarti Anda menyukai peran seperti sandiwara. Dengan mengombinasikan jawaban, Anda berarti menikmati kehidupan seks yang sangat memuaskan.
a.    10 poin.
b.    10 poin.
c.    10 poin.
d.    15 poin.
e.    15 poin.
f.    15 poin.
g.    20 poin.

2. Karena kebanyakan fantasi seks berkaitan dengan hubungan seks dengan orang lain, tidak kaget bila kebanyakan pasangan enggan memberi tahu suami atau istrinya. Seringnya fantasi berhubungan seks dengan orang lain bisa jadi merupakan tanda kebosanan, kata Dr. Schnarch. Dan ini umum terjadi pada pasangan yang kurang inovatif. Pasangan yang sangat intim justru sering berbagi fantasi selama berhubungan seks.
a.    10 poin.
b.    0 poin.
c.    0 poin.

3. Ketika pasangan membatasi kegiatan seksnya hanya pada gaya yang nyaman bagi keduanya, misalnya hanya pada gaya konservatif, digambarkan oleh Dr. Schnarch sebagai stagnasi kegiatan seksual. Menurutnya, benar-benar mencintai pasangan berarti mau toleran dan mendukung kekhawatiran pasangan atas perkembangan seksual dan emosional.
a.    5 poin.
b.    10 poin.
c.    5 poin.
d.    15 poin.

4. Hubungan antarpartner seperti ini sering terlihat dalam film-film romantis. Sering pula terlihat pada iklan, puisi, dan lagu-lagu cinta. Bila hubungan Anda seperti ini berarti ditandai oleh rasa saling berbagi dan menyenangkan dengan pasangan. Pemanasan terdiri dari pelukan dan ciuman disertai saling pandang dan kontak tubuh.
a.    5 poin.
b.    0 poin.
c.    0 poin.
d.    0 poin.

5. Pada saat sexual trance, pikiran begitu terfokus pada sensasi yang dialaminya, sehingga kesulitan menjaga kesadaran akan kehadiran pasangan. Hanya sedikit orang yang mampu berkomunikasi dengan pasangan sekaligus menikmati sexual trance.
a.    0 poin.
b.    5 poin.
c.    0 poin.
d.    0 poin.

6. Peran seperti dalam sandiwara, saran Dr. Schnarch, seringkali memberikan variasi dalam berhubungan seks. Gaya ini dapat memberikan hasil terbaik bila pasangan bisa menemukan peran yang tepat untuk masing-masing. Tentu tidak tepat untuk berperan sebagai Scarlet OÕHara saat berhubungan seks dengan Walter Mitty atau Rhett Butler dengan Little Bo Peep.
a.    0 poin.
b.    0 poin.
c.    5 poin.
d.    0 poin.

7. Pasangan yang menguasai dan memadukan ketiga gaya itu akan mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan.
a.    2 poin.
b.    2 poin.
c.    2 poin.
d.    2 poin.
e.    2 poin.
f.    10 poin.

8. Perbedaan-perbedaan, kata Dr. Schnarch, justru akan membuat pasangan menjadi berkembang. Ingat bahwa tidak ada konflik bukan berarti semuanya baik-baik saja.
a.    0 poin.
b.    10 poin.

9. Hubungan dengan diri sendiri punya kaitan erat dengan pasangan sebelum, selama, dan sesudah berhubungan seks. Contohnya, semakin Anda mengenali diri sendiri, semakin mudah bagi Anda untuk mengenali orang lain.
a.    10 poin.
b.     0 poin.

10. Memaksa orang lain menerima diri sendiri apa adanya justru berarti mengucapkan Òjangan paksa saya untuk berkembangÓ, begitu kesimpulan Dr. Schnarch.
a.    0 poin.
b.    10 poin.


Penilaian

20 - 50
Anda perlu memulai bereksperimen dengan gaya bercinta yang bervariasi untuk memperkuat kehidupan seks Anda.
50 - 79
Anda sedikit tahu tentang gaya-gaya bercinta dan mungkin sudah mengalami beberapa manfaat dari variasi gaya dan eksperimen tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa Anda bisa mengeksplorasi potensi-potensi seksual yang ada pada Anda dan pasangan.
80 - 100
Selamat! Anda sangat paham dengan ketiga gaya yang telah disebutkan Dr.Schnarch. Kehidupan seks Anda tergolong sehat yang mungkin dibangun dari konflik-konflik yang pernah ada. Pribadi Anda berdua  juga berkembang dalam hubungan berpasangan.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.