Sukses

Mahasiswa Telkom Unversity Ciptakan Detektor Kondisi Otak Sopir

Tim telkom university ciptakan alat detektor gelombang otak pengemudi untuk pastikan kondisi kesadarannya baik

Tim dari Telkom University (Tel-U) Bandung menciptakan perangkat pendeteksi gelombang otak pengemudi kendaraan yang diberi label "Brainstat"  untuk memastikan kondisi kesadarannya baik untuk berkendaraan.
    
"Alat ini merupakan sebuah penemuan yang meneguhkan kualitas pendidikan sekaligus menjadi pendorong bagi Tel-U untuk menjadi ’world class university’ pada 2017," kata Rektor Tel-U Prof Dr Mochamad Ashari di Bandung, seperti dikutip dari Antara, Rabu (11/9/2013).
    
Brainstat, detektor gelombang otak pengemudi diciptakan dosen dan mahasiswa Teknik Informatika Telkom University/Tel-U  yang telah dirintis sejak tahun 2011 lalu.
    
Dosen itu bernama Dody Qori Utama, dengan mahasiswanya Anggunmeka Luhur Prasasti, Boni Yustin Prabowo, Umar Ali Ahmad, Gilang Kusuma Jati, dan Guntoro.
     
Atas prestasi tersebut, Brainstats dinobatkan sebagai juara pertama kategori e-health dalam gelaran Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2013 di Jakarta, 1 September lalu.
    
Aplikasi ini memantau tingkat kondisi otak pengemudi, apakah ia berada dalam kondisi kesadaran yang baik, mengantuk, konsentrasi, atau bahkan kondisi stress, dengan melihat bagaimana gelombang otaknya/brainwave.
     
Brainwave inilah yang dibaca Brainstat (berbentuk mirip helm yang disertai alat perekam), yang nantinya akan memberikan informasi kondisi pengemudi, baik ke layar monitor/komputer tablet atau bahkan ke ponsel keluarganya.
    
Jika kondisi pengemudi lelah, maka akan muncul peringatan awal berupa bunyi suara di kendaraan. Apabila pengemudi membandel, peringatan muncul dalam bentuk video berisikan video rekaman dari keluarga di layar dashboard mobil.  
    
Pada tingkat akhir, pengemudi yang tetap berkendaraan dalam kondisi kurang fokus akan dihubungkan langsung dengan ponsel keluarganya, sehingga akan muncul SMS ke keluarganya yang meminta untuk menelepon sang pengemudi.
    
"Jadi, keselamatan mengemudi akan terjaga, baik menggunakan mobil, motor, bahkan pesawat terbang," kata Dody Qori Utama, dosen yang juga pengembang Brainstat.
    
Dody Qori Utama menambahkan, di INAICTA 2013, Brainstat telah mengalami pengembangan optimasi kerja karena bisa diterapkan di moda pesawat terbang. Dengannya, kondisi otak pilot sebelum menerbangkan pesawat akan terpantau.
    
"Pengembangan lain dilakukan dengan menggunakan teknologi komputasi awan. Ini membuat informasi kondisi sopir bukan hanya bisa dilakukan ke keluarga, namun ke pihak lebih luas misalnya ke kepolisian," katanya.
    
Ia menyebutkan Tingkat akurasinya rata-rata 90 persen, apa yang disampaikan memang memperlihatkan kondisi sopir. Ini sudah diujicobakan kepada pengemudi yang mengemudikan kendaraan selama 1.000 jam sejak tahun 2011.
    
Sementara itu Rektor Tel-U, Mochamad Ashari prestasi sejenis dari aplikasi tersebut diraih tahun lalu ketika mengikuti Imagine Cup 2012 yang diselenggarakan Microsoft. Bahkan, mereka kemudian jadi wakil Indonesia ke Imagine Cup tingkat Asia Pasifik di Australia.
    
"Kami optimistis prestasi ini akan terus terjadi kedepannya. Sebab, sebelum menjadi universitas pun, kami jaga baik standar kualitas misalnya dari sisi kurikulum, bahan ajar, hingga kelengkapan sarana prasarana. Terlebih setelah menjadi Tel-U, otomatis standar kualitas ini akan ditingkatkan," kata Mochamad Ashari menambahkan.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini