Sukses

5 Vitamin Pencegah dan Pengusir Jerawat

Jerawat sering tumbuh ketika seseorang stres, baik fisik maupun mental. Penelitian membuktikan, asupan vitamin bisa mengurangi jerawat.

Jerawat sering tumbuh ketika seseorang stres, baik fisik maupun mental. Penelitian membuktikan, asupan vitamin bisa mengurangi jerawat.

Vitamin dan mineral dipercaya memiliki antioksidan yang kuat, yang membantu seseorang membuang kotoran dari kulit, terutama di lokasi jerawat.

Sebenarnya Anda bisa mendapat vitamin dan mineral secara alami melalui makan makanan bergizi. Namun, jika itu tak bisa dilakukan, coba gantikan dengan pil vitamin yang diperlukan.  Yang perlu diingat ketika minum pil, jangan sampai berlebihan karena berdampak negatif ke tubuh.

Berikut lima vitamin untuk melawan jerawat seperti dikutip Magforwomen, Rabu (11/9/2013):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman



1. Vitamin A

Vitamin A, antioksidan yang kuat akan bekerja dengan baik jika diserap dengan benar oleh tubuh. Vitamin sangat penting untuk memperbaiki dan menjaga selaput lendir serta mengeluarkan racun.

Vitamin ini bekerja melawan jerawat dengan menurunkan prouksi minyak dan mengencangkan jaringan pelindung.

Vitamin A bisa ditemukan juga dalam sayur-sayuran, buah-buahan, susu, telur, mentega, margarin, dan ikan laut.
3 dari 6 halaman



2. Vitamin B2

Riboflavin atau Vitamin B2 merupakan vitamin penting untuk mengobati jerawat. Vitamin ini penting untuk meningkatkan rambut, kuku, dan kulit.

Dosis sekitar 150-200 mg per hari dianggap aman, namun dibagi menjadi tiga dosis. Sebelum Anda mengonsumsinya, jangan lupa berkonsultasi ke dokter.

Selain pil, ada makanan yang kaya Vitamin B2 meliputi jamur, bayam, susu, kacang-kacangan, dan kacang kedelai.
4 dari 6 halaman



3. Vitamin B6

Vitamin B6 (Piridoksin) larut dalam air dan ini merupakan obat yang bagus untuk jerawat. Tapi, vitamin ini juga bisa menyebabkan efek samping yang parah.

Jadi, sebelum Anda minum pil, konsultasikan dengan dokter Anda. Asupan vitamin 1,7-1,9 mg dalam sehari dianggap cukup untuk mencegah jerawat.

Vitamin B6 membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah infeksi. Hal ini juga bisa melawan bakteri kulit yang menyebabkan noda.

Makanan kaya vitamin B6 termasuk beras , gandum , bumbu kering, rempah-rempah dan bawang putih.
5 dari 6 halaman



4. Vitamin C

Vitamin C bisa memperbaiki pertumbuhan jaringan, meningkatkan imunitas, mencegah infeksi, mencegah akumulasi lemak, melindungi kerusakan sel dan beberapa fungsi utama dari Vitamin C. Tak heran, vitamin ini bisa membantu memerangi jerawat.

Sebagai antioksidan, Vitamin C membantu produksi kolagen dan mengeluarkan racun dari tubuh. Anda bisa memilih vitamin C berdosis atau bersama nutrisi lain seperti kalium, seng, dan kombinasi kalsium untuk kulit yang sehat.

Brokoli, tomat, jeruk, lemon, kankung, peach, paprika, merupakan sumber makanan yang kaya Vitamin C.
6 dari 6 halaman



5. Vitamin E

Vitamin E melawan radikal bebas di dalam tubuh dan menjadi antioksidan yang kuat. Vitamin ini juga berperan sebagai antipenuaan.

Vitamin E dengan dosis yang tepat akan mencegah jerawat. Makanan seperti zaitun, kacang hijau, biji bungan matahari termasuk yang kaya Vitamin E.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini