Sukses

Awas, Bumbu Dapur Tercemar Bakteri Salmonella!

Rempah-rempah yang diuji Food and Drug Administration (FDA) telah ditemukan terkontaminasi dengan bakteri mematikan, salmonella.

Sepertinya bakteri Salmonela tidak hanya mengontaminasi sayuran, kini rempah-rempah juga ditemukan mengandung bakteri penyebab penyakit gangguan pencernaan.

Sekitar tujuh persen rempah-rempah diuji Food and Drug Administration (FDA) telah ditemukan terkontaminasi dengan bakteri mematikan ini dikutip Newsmaxhealth, Rabu (4/9/2013).

Lebih dari 20.000 pengiriman makanan di New York ditemukan pada rempah-rempah kandungan Salmonela sebanyak dua kali lipat dibandingkan pada sayuran.

Sekitar 15 persen dari ketumbar dan 12 persen oregano dan basil yang terkontaminasi. Selain itu tingkat tinggi lainnya ditemukan dalam biji wijen, bubuk kari dan jintan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Food Microbiology menyebukan untuk menghindari hal ini, Anda tidak tidak perlu mengonsumsi rempah-rempah terlalu banyak.

Bakteri Salmonella dapat dibunuh dengan cara memanaskannya dengan suhu yang tinggi. Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat menyebutkan, Salmonella bisa dibunuh pada suhu 160 derajat F atau 71 derajat C.

"Tidak akan dapat mengubah apa yang terjadi di rempah-rempah, namun dengan teknologi dapat membantu mengurangi kandungan bakteri," kata Profesor Bidang Keamanan Pangan University of Minnesota, Theodore LaBuza.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini