Sukses

Vaksin HPV Juga Bermanfaat untuk Para Remaja

Vaksin HPV melindungi penyebaran virus selama hubungan seks, menghindari kanker serviks dan kutil kelamin.

Vaksin Human Papilloma Virus (HPV) pertama kali direkomendasikan untuk diberikan pada anak laki-laki, namun hal ini membuat petugas kesehatan khawatir pada wanita.

Pemberian vaksin ini sebagian besar ditujukan bukan untuk melindungi anak-anak dari penyakit, tapi menghentikan mereka dari penyebaran virus menular seksual yang melakukan hubungan seksual dengan gadis-gadis yang berisiko kanker serviks.

Vaksin tersebut belum sangat populer di kalangan perempuan, kemudian kini lebih diperkenalkan. "Ini awal yang baik," kata ahli vaksinasi dari Centers for Disease Control and Prevention, Shannon Stokley dikutip Foxnews, Rabu (4/9/2013).

Untuk anak perempuan hanya sekitar 54 persen yang melakukan vaksinasi. Diperkenalkan pada 2006, vaksin melindungi penyebaran virus selama hubungan seks. Virus tersebut dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita dan kutil kelamin.

Kondisi lainnya seperti gangguan pada tenggorokan dan kanker dubur. Vaksin pertama kali dianjurkan untuk anak perempuan usia 11 dan 12 untuk membantu mencegah penyebaran virus saat remaja.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini