Sukses

Sifat Kompetitif Membuat Pria Kerap Minder

Studi menunjukan ketika wanita lebih berhasil dari pasangannya maka terjadi minder atau terjadi penurunan harga diri pria.

Kesuksesan wanita terkadang membuat pria iri. Hal ini dikarenakan sifat kompetitif yang dimiliki pria.

"Laki-laki cenderung memiliki sifat kompetitif dibandingkan wanita, sehingga merasa gagal ketika pasangan wanitanya lebih berhasil" ujar Ratliff.

Studi menunjukan ketika wanita lebih berhasil dari pasangannya maka terjadi minder atau terjadi penurunan harga diri pria.

Namun ini tidak berlaku pada wanita, ketika pasangannya berhasil wanita tidak mengalami hal tersebut.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology menjelaskan pria tidak akan mengakui bila dirinya minder ketika melihat wanitanya lebih berhasil, dikutip Nydailynews, Minggu (1/9/2013).

Penulis studi, Kate Ratliff dari University of Florida menjelaskan ada beberapa bukti pria secara otomatis menafsirkan keberhasilan pasangan sebagai kegagalan mereka sendiri.

Studi ini melibatkan beberapa pasangan, saat sadar pria tidak mengakui hal tersebut namun pengujian bawah sadar menjelaskan hal sebaliknya.

Pengujian yang sama dilakukan dengan wanita, keberhasilan pasangan membuat wanita justru lebih bahagia.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.