6 Pose Yoga Langsingkan Tubuh Usai Melahirkan

Oleh Melly Febrida pada 28 Agu 2013, 21:00 WIB
Diperbarui 28 Agu 2013, 21:00 WIB
pose-yoga-130828b.jpg
Perbesar
Tubuh wanita yang baru melahirkan biasanya akan melebar. Wanita butuh usaha yang keras untuk mengembalikan tubuhnya. Salah satu latihan yang efektif dan aman buat ibu yang baru melahirkan adalah dengan yoga.

Gerakan yoga yang aman dan pelan membuat wanita yang baru melahirkan bisa segera melakukannya jika sudah siap.

Dengan latihan ini, kaum wanita bisa mempunyai energi baru, tidur lebih nyenyak, melangsingkan tubuh, mengencangkan panggul, dan masih banyak manfaat lainnya.

Michele Pernetta, salah satu guru Yoga Bikram terkemuka di Inggris, menjelaskan, enam pose yoga ini jika dilakukan secara teratur dan rutin akan mengefektifkan tekanan pada otot inti, meratakan perut, menyelaraskan tulang belakang, pinggul, dan panggul.

Beristirahatlah selama 20 detik di antara setiap pose dan semua pose ini bisa dilakukan terpisah atau satu set dalam sehari. Idealnya antara tidur siang atau menyusui.

"Menjaga punggung bawah dengan aman, sementara tekanan dan dan penguatan otot perut dengan peregangan merupakan kuncinya. Setelah operasi caesar, orang harus hati-hati dan pelan untuk memastikan jaringan parut yang lembut bisa muncul," kata Parnetta.

"Dianjurkan latihan dengan instruktur yang berpengalaman dan jika terjadi sesuatu yang dirasa tidak benar, jangan melakukannya. Ingat, Anda tak sama lagi sebelum memiliki bayi, jadi berhati-hatilah dan jangan memaksakan diri terlalu keras," katanya lagi.

Berikut enam pose yoga yang bisa Anda coba seperti dikutip femalefirst, Rabu (28/8/2013):

1. Half moon

6-pose-yoga-130828b.jpg
Perbesar


Latihan ini memberikan keajaiban di pinggang dan kekuatan inti dengan melonggarkan otot-otot yang kencang di sekitar panggul serta tulang belakang.

Latihan ini dilakukan dengan kaki bersama-sama dan dapat dimodifikasi untuk melebarkan kaki sepinggul untuk kestabilan panggul.

2. Burung elang

5-pose-yoga-130828b.jpg
Perbesar


Ini melepaskan ketegangan di bahu dan punggung setelah menggendong bayi, membawa oksigen yang segar ke organ reproduksi, menguatkan punggung bawah, kaki, dan pergelangan kaki (membantu ketika mengangkat bayi dan balita) dengan membuka semua sendi utama di tubuh dan baik untuk varises dengan mempekuat katup di dalam pembuluh darah. Serta juga bagus untuk selulit di paha karena memberikan pijatan dan remasan ke paha.

3. Setengah kura-kura

4-pose-yoga-130828b.jpg
Perbesar


Pose ini santai dan meremajakan, baik untuk Anda yang kurang tidur dan mengalami kelelahan mental. Pose ini untuk memelihara dan menenangkan, baik untuk tiroid, paratiroid, dan pituitari. Pose ini menekan pinggul dan paha serta mengurangi ketegangan di bahu. Di India, pose ini dugunakan untuk irritable bowel syndrome.

4. Kobra

3-pose-yoga-130828b.jpg
Perbesar


Ini memperkuat punggung bawah, menciptakan simetri tubuh dan mengembangkan punggung atas, dada, dan tulang rusuk. Ini membawa sirkulasi ke rahim dan ovarium, dan tekanan di lengan, pinggang, pantat, dan kaki.

5. Spine twist

2-pose-yoga-130828b.jpg
Perbesar


Ini merampingkan pinggang dengan memperkuat otot perut melintang yang menciptakan efek seperti korset di perut.

Ini melepaskan ketegangan di otot punggung, pinggul, dan leher, memperbaiki pencernaan, dan melepaskan ketegangan di pinggul.

6. Kapalabhati

1-pose-yoga-130828b.jpg
Perbesar


Latihan pernapasan ini menyegarkan dan memberikan energi, serta sebagai cara yang baik agar memberikan tekanan di area perut, mengoksigenase tubuh, menghilangkan karbondioksida, dan baik untuk sistem saraf. Pose ini baik untuk otot perut.


(Mel/*)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya