Sukses

Antara Jus dan `Smoothie`, Minuman Serupa Namun Tak Sama

Smoothie dapat membuat perut menahan lapar selama 15 menit sedangkan jus tidak.

Jus dan Green Smoothie minuman serupa namun tidak sama. Dilihat dari bentuknya keduanya memang terlihat sama namun ada hal yang berbeda.

Mungkin untuk bahan bisa sama, menggunakan jus dan buah. Yang membedakan, jus hanya mengambil sari dari buah dan sayur. Namun, green smoothie menyertakan serat dari buah seperti dikutip dari Younganddraw, Rabu (28/8/2013).

"Jus dan green smoothie sama sama penting dan sama-sama menyehatkan namun kandungan seratnya berbeda," ujar Washington Holistic Nutritionist, Ali.

Proses pembuatan yang menyebabkan kandungan serat keduanya berbeda. Juicer menghilangkan semua serat dan beberapa protein dari bahan  yang dipilih membuat jus.

Sedangkan smoothie menggunakan blender, mencampurkan buah dan sayur tanpa membuatnya menjadi benar-benar cair sehingga kandungan serat masih dipertahankan.

Smoothie dapat membuat perut menahan lapar selama 15 menit sedangkan jus tidak. Sehingga smoothie direkomendasikan Ali dipilih untuk program diet.

Karena kandungan serat yang banyak, smoothie mampu membantu membersihkan usus dan melancarkan pencernaan.

Serat bersifat mengikat racun dan mengantar ke luar sistem tubuh.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini