Sukses

Anak yang Lahir dari Wanita Gemuk Rentan Mati Muda

Gemuk yang dimaksud adalah, ibu yang memiliki indeks masa tubuh berkisar antara 25 sampai 29,9.

Anak yang lahir dari wanita gemuk, 35 persen lebih mungkin untuk meninggal lebih cepat di masa yang akan datang. Gemuk yang dimaksud adalah, ibu yang memiliki indeks masa tubuh berkisar antara 25 sampai 29,9.

Para peneliti di Skotlandia menelusuri 37.709 anak dari 28.540 wanita yang melahirkan, antara tahun 1950 sampai 1976.

"Keturunan dari ibu yang obesitas, 35 persen lebih mungkin untuk meninggal dunia sebelum usianya 55 tahun, dibandingkan dengan ibu yang memiliki berat badan normal," kata Rebecca Reynolds, selaku profesor kedokteran bidang metabolik di University Edinburg, seperti dilansir FoxNews, Rabu (14/8/2013)

Lebih lanjut Rebeca menambahkan, dengan adanya penelitian ini, seorang ibu dapat mempertimbangkan untuk mengubah pola hidupnya menjadi jauh lebih sehat, agar risiko yang tidak diinginkan, tidak terjadi padanya.

"Kita juga perlu mempertimbangkan untuk memberikan sebuah saran untuk gaya hidup yang lebih baik, kepada anak-anak dari ibu yang obesitas," katanya. "Ini dilakukan agar anak tersebut terhindar dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gula darah," tambah Rebecca.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 1,4 miliar orang dewasa berusia 20 tahun lebih mengalami kelebihan berat badan pada tahun 2008.

Apa pun alasannya, studi ini menekankan pentingnya untuk memiliki berat badan yang sehat. "Pesan dari penelitian ini adalah jelas. Jika seorang ibu kelebihan berat badan, kemungkinan besar anak-anaknya yang akan membayar kerugian itu di masa yang akan datang," kata ahli jantung, Tim Chico.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini