Sukses

Mantan Presiden AS, George W Bush Sukses Jalani Operasi Jantung

Mantan Presiden Amerika Serikat George W Bush sukses menjalani operasi stent untuk jantung di Dallas, Amerika Serikat

Mantan Presiden Amerika Serikat George W Bush sukses menjalani operasi stent untuk jantung di Dallas, seperti dikutip dari abcnews, Rabu (6/8/2013) setelah dokter menemukan adanya penyempitan pembuluh darah arteri selama pemeriksaan fisik tahunan.

"Atas rekomendasi para dokter, Mister Bush setuju untuk menjalani operasi pemasangan stent (balon) untuk membuka kembali pembuluh darah yang tersumbat (menyempit)," ujar juru bicara Bush, Freddy Ford.

Menurut Ford, operasi berjalan lancar tanpa komplikasi di Rumah Sakit Presbyterian Texas Health. Bush, yang sudah berusia 67 direncanakan bakal keluar rumah sakit hari Rabu minggu ini dan akan menjalankan kegiatan normal seperti biasa.

Menurut Ford, blok yang menutup pembuluh darah ditemukan Hari Senin saat Bush menjalankan pemeriksaan fisik di Clinic Cooper di Dallas, tempat presiden Amerika Serikat ke-43 ini tinggal.

"Dia sangat bersyukur atas kemampuan para tenaga medis yang profesional yang telah merawatnya. Dia berterima kasih pada keluarga, teman, dan warga Amerika yang telah mendoakannya. Dan dia meyakinkan kami akan menjalankan cek kesehatan secara teratur." ujar Ford.

Stent merupakan kawat stainless steel berbentuk tabung yang digunakan untuk membuka pembuluh darah arteri koroner yang tersumbat di dalam prosedur angioplasti (bedah jantung). Stent tersebut dikecilkan hingga diameter terkecil dan di dalamnya terdapat kateter balon.

Stent dan balon tersebut akan diarahkan ke area yang tersumbat. Ketika balon dikembungkan, maka stent juga membesar, sesuai dengan ukuran dan bentuk serta melekat di dinding dalam pembuluh darah. Ini menjaga arteri tetap terbuka ketika balon dikecilkan kembali dan dikeluarkan. Stent tersebut menetap di arteri secara permanen, menjaganya tetap terbuka, meningkatkan aliran darah ke otot jantung, dan menyembuhkan gejala penyakit jantung koroner.

Seiring dengan berjalannya waktu, dinding arteri akan menyembuh dan bagian dalam dari arteri (endothelium) akan tumbuh di sekital kawat metal dari stent untuk menjaga arteri tetap membuka.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.