Sukses

Ketakutan, Pemerintah China Perintahkan Abbot Tarik Produknya

Pemerintah China minta perusahaan pharmaceutical Amerika Serikat, Abbott unuk menarik beberapa produk yang beredar di negaranya

Pemerintah China minta perusahaan pharmaceutical Amerika Serikat, Abbott unuk menarik beberapa produk yang beredar di negaranya menyusul munculnya kasus racun botulism yang menimpa produk yang dibuat perusahaan pembuat makanan anak dari New Zealand Fonterra.

"Dua batch susu formula bayi Abbott berisiko terkontaminasi kuman clostridium botulinum", ujar General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine (AQSIQ) dalam sebuah pernyataan sepeti dikutip dari abc.net, Selasa (6/8/2013).

Clostridium botulinum merupakan bakteri yang dapat menyebabkan botulisme, infeksi yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

"The AQSIQ telah meminta Abbott... menarik produk-produk relevan untuk melindunngi konsumen China," ujar pernyataan itu.

Susu formula yang dibuat untuk anak-anak usia setahun dan tiga tahun ini diproduki oleh Fonterra pada 2 Mei untuk Abbot Shanghai.

Fonterra menyebutkan, produk whey protein yang digunakan untuk membuat susu bayi dan minuman ringan terkontaminasi bakteri.

Kesalahan terjadi karena ada kontaminasi akibat pipa pemrosesan yang kotor di North Island. Abbott sendiri menyebutkan bahwa tidak ada satu pun produk whey protein Fonterra yang dijual di China terkontaminasi.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini