Sukses

Ada Masalah Saat Mudik? Telepon `Halo Kemkes` di 500567

Jelang Arus Mudik 2013, Kementrian Kesehatan menyiapkan banyak hal. Berikut sembilan pesan penting wakil menteri kesehatan pada jajarannya.

Menghadapi arus mudik Lebaran, peran jajaran lintas sektor di tingkat pusat dan jajaran pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, beserta seluruh lapisan masyarakat termasuk dunia usaha dalam mendukung langkah-langkah pelaksanaan pelayanan kesehatan selama masa arus mudik sangat diperlukan.

Demikian pernyataan Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD di Jakarta, seperti ditulis Selasa (30/7/2013).

Prof Ghufron menyampaikan 9 Pesan bagi Jajaran Tim Kesehatan menghadapi arus mudik lebaran, yaitu:

1. Menyiagakan Puskesmas dan RS yang berada di jalur mudik lebaran melalui penyiapan tenaga dan logistik berupa paket obat, leaflet, spanduk, standing banner, identitas petugas, Peta Mudik Lebaran, Buku Informasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan Mudik Lebaran, yang akan didistribusikan di pos-pos kesehatan di lokasi-lokasi rawan kemacetan dan rawan kecelakaan selama mudik Lebaran.

2. Menyediakan pos kesehatan lapangan pada jalur mudik lebaran terutama di daerah rawan kecelakaan dan rawan kemacetan.

3. Menyiagakan pos kesehatan di pelabuhan, bandara, dan pos lintas batas darat agar mampu menangani kegawatdaruratan, KLB, dan masalah kesehatan akibat melonjaknya pemudik.

4. Mengintensifkan sistem kewaspadaan melalui pengumpulan data-data penyakit yang harus dipantau selama 24 jam selama masa periode arus mudik. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya penyakit menular potensial KLB.

5. Melakukan pemeriksaan faktor risiko kecelakaan pada pengemudi bus  yang mencakup  pemeriksaan tekanan darah, amfetamin, alkohol dan gula darah sewaktu.

6. Melakukan pemeriksaan makanan minuman dan  pemeriksaan sanitasi tempat-tempat umum, seperti di terminal, stasiun, pelabuhan dan rest area.

7. Penyampaian pesan-pesan “mudik sehat” melalui media cetak dan media elektronik, khususnya  pengemudi dan pemudik

8. Menyiagakan  layanan informasi   melalui  “Halo Kemkes”  di nomor telepon:  (kode lokal) 500567.

9. Meningkatkan jejaring kemitraan  antara jajaran lintas sektor di tingkat pusat dan daerah beserta seluruh lapisan masyarakat, LSM, dan swasta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.