Sukses

Sebelum Mudik, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Persiapan tidak hanya pada pakaian atau buah tangan untuk keluarga di luar kota, namun kesehatan juga perlu dipersiapakan.

Hari Raya Lebaran tinggal menghitung hari, euphoria mudik sudah terasa. Padatnya arus mudik dapat berdampak buruk bagi kesehatan bila tidak dipersiapkan dengan matang.

Persiapan tidak hanya pada pakaian atau buah tangan untuk keluarga di luar kota, namun kesehatan juga perlu dipersiapakan.

Selain makanan yang perlu dijaga, waktu tidur juga perlu diperhatikan. "Untuk pemudik asupan makanan perlu dijaga, makanan dengan gizi seimbang dan disertakan dengan buah serta sayur yang cukup," ujar Dokter dari Divisi Gastroeneterologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Universitas Indonesia, Marcellus Simadibrata, MD saat diwawancarai Liputan6.com, Senin (29/7/2013).

Makanan sebelum perjalanan dipastikan mengandung gizi yang seimbang untuk memenuhi asupan yang diperlukan tubuh.

Selain asupan makanan, beristirahat dengan tidur yang cukup juga penting agar tubuh merasa sehat selama perjalanan.

"Lebih menjaga fisik, sebelum mudik sebaiknya tidur yang cukup minimal selama 7 jam," ujar Marcellus. Menurutnya saat di perjalanan bila tubuh sudah merasa letih sebaiknya beristirahat di pos-pos yang telah disediakan.

Rasa letih saat perjalanan tidak dapat dimungkiri, "Jika diperlukan vitamin juga dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kesehatan," tambahnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini