Sukses

9 Pria Sukses yang Tak Mau Makan Daging

'Pria sejati makan daging', setidaknya itulah stereotip yang telah diwariskan sejak dulu kala. Tapi, zaman telah berubah.

'Pria sejati makan daging', setidaknya itulah stereotip yang telah diwariskan sejak dulu kala, bahwa pria (para pemburu) akan pergi untuk membunuh hewan liar, sementara wanita (pengumpul) akan berkeliaran mengumpulkan buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

"Daging tampaknya dikaitkan dengan kekuatan dan kekuasaan, dua fitur ini, umumnya dikaitkan dengan laki-laki," tulis para penulis dari 2.012 studi yang dipublikasikan dalam Journal of Consumer Research. Penelitian ini meneliti mengapa konsumen pria menghindari pilihan vegetarian.

Di lain studi, diterbitkan dalam jurnal Psychology of Men and Maskulynity, peneliti mengaitkan makan daging dengan 'kedewasaan, kekuatan, dan kejantanan', dan menemukan bahwa pria lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk 'mendukung sikap pro daging' dan percayai akan hal itu.

Tapi, zaman kini telah berubah. Semakin banyak eksekutif bisnis pria dan pemimpin politik, termasuk mantan Presiden Bill Clinton dan Walikota Newark Cory Booker, yang melanggar ekspektasi gender dan merangkul gaya hidup vegetarian atau vegan.

Seperti dilansir BusinessInsider, Minggu (28/7/2013), masih banyak orang sukses lainnya, yang memilih untuk hidup tanpa daging.

1. Bill Clinton

Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, beralih untuk tidak makan daging dan diet bebas susu, setelah merasa takut dengan kesehatannya, pada tahun 2004.

Mantan presiden AS Bill Clinton diubah pola makannya, setelah menjalani operasi bypass empat kali pada tahun 2004 untuk menangani penyumbatan arteri.

Dikenal sebagai sosok yang sangat menyukai McDonald dan dessert, Clinton menghentikan kebiasaan makan makanan tidak sehat, dan memilih untuk vegan setelah meninggalkan masa pemerintahannya. Diet rendah lemak dan diet nabati membantunya mengurangi berat 24 lbs (10 kg) pada saat mendampingi putrinya Chelsea menikah pada tahun 2010.

2. Biz Stone


Pendiri Twitter ini telah menjadi seorang vegetarian selama 10 tahun.

Dengan kekayaan bersih yang diraupnya sekitar $ 200.000.000 (Rp 205 Triliun), Biz Stone termasuk 1 persen dari orang terkaya di Amerika.

Dan baru Biz Stone, pengusaha yang mengakui bahwa dirinya adalah seorang vegan.

3. Russell Simmons

Russel Simmons memilih untuk menjadi seorang vegetarian dengan alasan kesehatan dan lingkungan.

Selama hidupnya, Russell mengaku besar dengan banyak makan daging. Tapi, setelah dia sadar akan manfaat untuk lingkungan apabila dia tidak makan daging, maka dia memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian.

Terhitung sudah 10 tahun Russell menjadi seorang vegetarian.

Russell akhirnya menggunakan ketenaran dan keberuntungannya untuk melindungi hewan-hewan yang ada.

Baru-baru ini, Russell meluncurkan pakaian yang disebut dengan Argyleculture, yang tidak akan menggunakan produk hewani, yang berarti tanpa wol atau kulit pakaian.

4. Cory Booker

Cory Booker telah menjadi seorang vegetarian selama lebih dari 20 tahun.

"Pada tahun 1992, saya memutuskan bereksperimen untuk mencoba menjadi seorang vegetarian selama 3 sampai 6 bulan," ujarnya. "Ternyata, saya merasa lebih baik, dan bekerja lebih maksimal lagi,: tambahnya.

Booker memang mencoba menjadi seorang vegetarian, tetapi ia menyerah untuk menahan es krim.

5. Michael Eisner

Pria yang satu ini adalah mantan CEO Walt Disney. Setelah melakukan operasi bypass Quadruple pada tahun 1994, dirinya memutuskan untuk menghentikan kebiasaannya makan makanan berlemak, dan memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian.

6. Steve Wyn

Pria 71 tahun ini merupakan CEO dari Wynn Resorts, dan menjadi seorang vegetarian pada tahun 2010.

Setelah 1 tahun mencoba jadi seorang vegetarian, berat badannya turun sekitar 30 lbs (13 kg), dan merasakan 15 tahun lebih muda.

Dia menuturkan, pola makan yang terlalu banyak protein hewaninya, dapat menyebabkan kanker dan penyakit degeneratif tulang belakang.

7. Joi Ito

Joi Ito merupakan direktur MIT Media Lab, dan memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian pada Desember 2006.

Enam bulan kemudian, ia kehilangan bobot badannya sebanyak 40 kg, dan merasa lebih ringan dan penuh pujian yang ia dapatkan, karena pola makanan barunya itu.

"Saya belum pernah merasa sehat dan bahagia seperti ini. Saya berniat untuk terus menjadi seorang vegetarian," ujar Ito.

8. Tom Freston

Tom Freston memilih menjadi seorang vegetarian, karena dipengaruhi oleh semangat sang mantan istri Kathy Freston, yang juga seorang penulis buku mengenai vegetarian.

Sebelum pasangan ini berpisah musim panas lalu, Kathy mengatakan kepada Vanity Fair, Tom makan ikan dan terkadang makan daging, tapi tidak pernah di rumah.

9. John Mackey

John Mackey merupakan co-CEO Whole Foods. Lebih dahsyatanya lagi, John telah menjadi seorang vegetarian selama 30 tahun lebih.

Dia bertahan pada pola makan vegan organik, tanpa gula dan makanan olahan.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.