Sukses

Diare, Pusing, Mual, Penyakit Utama Pemudik

menurut Ketua Komite Tanggap bencana dan pengabdian Profesi PB IDI Dr. kamaruddin Askar, kelelahan dikhawatirkan bisa memicu penyakit lain.

Menjaga kesehatan sebelum mudik sangatlah penting. Apalagi menurut Ketua Komite Tanggap Bencana dan Pengabdian Profesi PB IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Dr. Kamaruddin Askar, kelelahan dikhawatirkan bisa memicu penyakit lain.

Kamaruddin yang ditemui di kantor IDI beberapa waktu lalu tersebut menyampaikan, dari tahun sebelumnya, keluhan pemudik sebenarnya sama yaitu paling banyak mengalami diare, pusing, dan mual, dan dehidrasi. Dan ini diakibatkan oleh kelelahan pemudik yang berada di perjalanan selama berjam-jam.

"Biasanya pemudik tahun lalu paling banyak mengalami lemas, dehidrasi, dan mabuk. Jumlah ini lebih banyak daripada korban kecelakaan. Kita memang tiak berharap ada kecelakaan, tapi keluhan ini juga perlu dibantu," jelasnya, Kamis (25/7/2013).

Untuk itu, ia menyatakan bahwa IDI akan kembali melayani pemudik tahun ini. "Yang jelas kami masih membuka posko bakti kesehatan di beberapa titik seperti Merak, Serang, Bekasi, sampai Nagrek," ungkapnya.

Di posko nanti akan ada fasilitas kesehatan seperti tempat tidur, obat-obatan. Bukan hanya itu, IDI juga tahun ini masih dibantu beberapa pihak seperti rumah sakit, pramuka, dan polisi. Ia menambahkan, semua fasilitas ini tidak dipungut biaya alias gratis.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.