Sukses

Kebiasaan Buruk yang Bikin Tubuh Cepat Lelah

Duduk tidak tegap, layar komputer tidak sejajar, posisi mouse yang jauh mungkin hanya sebagian kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan.

Duduk tidak tegap, layar komputer tidak sejajar, posisi tetikus yang jauh mungkin hanya sebagian kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan di kantor. Walaupun sepele, terkadang hal ini justru bisa membuat Anda cepat lelah.

Demikian disampaikan Ahli Chiropractic asal New Zealand Joanna Wilson, D.c dari Chiropractic Indonesia yang diwawancarai Liputan6.com di Chiropractic Gandaria City beberapa waktu lalu, dan ditulis Selasa (9/7/2013).

Menurut Joanna, dalam menjalankan terapinya, pasien akan ditanya mengenai kebiasaan sehari-harinya di kantor. Apakah ia menyimpan barang-barangnya dengan benar dan apakah kebiasaannya sudah benar. Karena banyak pasien memiliki kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatannya.

"Semua hal di sekitar kita perlu diperhatikan. Barang-barang di sekitar diusahakan mudah dijangkau. Misalnya, duduk dengan tegap, mouse jangan terlalu jauh, layar komputer jangan terlalu rendah dan tinggi. Usahakan sejajar antara mata dan monitor," ungkapnya.

Selain itu perhatikan hal-hal kecil seperti posisi menyetir atau mengendarai motor. Ketika menyetir, pastikan tubuh bersandar sempurna dan posisi tangan dan setir jangan terlalu jauh. Sama ketika mengendarai motor, usahakan posisi tangan santai jangan terlalu kaku ke depan.

"Hal-hal tersebut sekilas sepele, tapi bisa diatur supaya badan tidak cepat lelah. Posisi tangan yang lurus akan membuat kita cepat lelah karena otot bisep dan trisep akan berkerja. Ini adalah hal yang tidak perlu dilakukan, seperti membuang tenaga sia-sia," jelasnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini