Sukses

Minum Jus Jangan Kebanyakan, Cukup Segelas Kecil

Anjuran untuk minum jus memang sehat, tapi penelitian terbaru menemukan, minum jus lebih dari satu gelas bisa jadi pencetus masalah kese

Anjuran untuk minum jus memang sehat, tapi penelitian terbaru menemukan bahwa minum jus lebih dari satu gelas bisa jadi pencetus masalah kesehatan.

Seperti disampaikan Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi yang juga Pengurus PDGKI Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp. GK. Menurutnya, pada tahun lalu ada anjuran minum jus terbaru.  Dan para peneliti menemukan bahwa minum jus sebaiknya hanya diminum segelas kecil sehari.

"Menurut riset terbaru, kandungan fruktosa jus buah merupakan pencetus masalah kesehatan. Buah yang dijus akan menimbulkan fruktosa yang buruk bagi hati. Jadi jangan mengonsumsinya terlalu banyak,"ungkapnya saat diskusi publik bertemakan 'Puasa, Keadaan Lapar yang Menyehatkan' di kantor pusat IDI, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Walaupun buah sehat, tapi buah yang dijus akan menghilangkan vitamin yang ada di dalamnya. Untuk itu, Tirta menyebutkan, akan lebih baik jika seseorang makan buah utuh ketimbang jus.

"Jika seseorang ingin melon, ya makan buah utuhnya saja. Jika ingin jusnya, berikan sedikit gula tanpa susu kental manis,"tambahnya.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini