Tubuh Wanita Usai Melahirkan Itu Lebih Indah, Lihat Buktinya!

Oleh Melly Febrida pada 26 Jun 2013, 17:00 WIB
peregangan-kulit-130626b.jpg
Wanita usai melahirkan biasanya merasa tubuhnya tak seindah masa-masa sebelum hamil. Padahal ketidaksempuranaan itu bukan berarti membuat wanita tak cantik.

Potret `kecantikan` wanita usai melahirkan itu diabadikan Jade Beall dan dijadikan bukuĀ  "A Beautiful Body'. Foto-foto tubuh setengah telanjang wanita postpartum (usai melahirkan) itu dimaksudkan untuk menunjukkan kepada wanita apa sebenarnya yang terlihat. Mungkin orang berpikir, fisik ibu yang sudah melahirkan sudah tidak menarik lagi. Padahal, ketidakmenarikan itu tidak memudarkan kecantikan tubuh seorang ibu.

Foto-foto kecantikan tubuh ibu itu bermula ketika Beall mempublikasikan serangkaian foto dirinya yang setengah telanjang usai melahirkan, dan diikuti foto setengah telanjang dari seorang teman yang mendapat ribuan `Like`dan dishare dari halaman Facebook studionya.

Ia menyadari fotonya itu bisa memicu komentar. Tapi, ratusan ibu menulis kepadanya dan berharap Beall mau mengambil foto yang sama seperti yang ada sebelumnya. Fotografer yang memiliki satu anak itu tersentuh dengan reaksi dari para wanita tersebut dan berusaha memenuhinya.

Kini, ibu dari bayi laki-laki Sequoia, yang berusia 16 bulan itu telah menjepret lebih dari 50 wanita. Foto itu disertai catatan perjalanan wanita yang difoto dengan perasaan kurang percaya diri pada tubuhnya.

Seperti dikutip Huffington Post, Rabu (26/6/2013), Beall menjelaskan, konsep buku tersebut berakar dari keraguan yang menghantui sepanjang hidupnya dan menghantamnya cukup keras usai melahirkan.

"Seperti saat remaja, saya merasa kurang berharga. Saya punya jerawat dan tak bisa melihat ke cermin selama hampir tiga tahun, kecuali dengan cahaya lilin.."

"Saat hamil berat badan saya bertambah 50 pound (22 kilogram) dan ini menambah sejarah saya membenci diri sendiri dan memuji foto photoshop wanita di media," kata Beall dalam emailnya.

Proyek yang dijalaninya ini dengan menggunakan relawan dan Beall menggratiskan pemotretan. Ia menulis di Kickstarter kalau ia menggunakan beberapa uangnya untuk menolong orang-orang yang ingin mendatangi studionya di Tucson, Arizona.

"Kita menghadapi epidemi perempuan yang merasa tubuhnya tidak layak disebut indah," kata Beall dengan menggambarkan di dunia ini hampir semua wanita berjuang untuk tampil cantik.

Dan keinginan untuk menjadi cantik kembali lagi paling dirasakan ibu yang sudah melahirkan. "Ibu yang malu karena berat badannya tak kembali lagi usai melahirkan bisa menyebabkan perasaan minder".

Pengalaman minder itu dirasakan Terapis Yoga Michelle Marks. Ia sampai menangis ketika melihat tubuhnya.

"Saya memperlihatkan diri saya ke Jade, bukan hanya daging saya, dan bagian tubuh yang tersembunyi, tapi sudut, dan garis, dan penampilan saya seperti seorang ibu," kata Marks.

"Bentuk tubuh saya sangat berubah dengan dua kehamilan yang berbeda dan dua kelahiran".

Beall yang menggambarkan fotografi sebagai obat itu berniat mempersembahkan buku itu tidak hanya untuk wanita yang sukarela difoto, tapi juga masyarakat yang merasakan hal yang sama.

"Mimpi saya adalah menjadi bagian dari gerakan bersikap baik terhadap diri kita sendiri dan kepada orang lain dan generasi muda jangan membuang waktu bertahun-tahun dengan membenci diri sendiri dan tak pecaya diri seperti saya karena mereka berpikir mereka tidak cantik," kata Beall.

Buku dengan 100-150 halaman itu rencananya akan dipublikasikan pada Januari.

Foto 1. Peregangan Kulit di Perut


Foto 2. Badan Jadi Melebar

Foto 3. Payudara Mengendur

Foto 4. Pinggang Tak Langsing lagi

(Mel/*)

Kawanan Sapi Liar Serbu Supermarket karena Kelaparan

Tutup Video