Sukses

Jaket Khusus yang Bisa Tenangkan Anak Autis

Jika Anda pernah mengetahui tentang sebuah penelitian yang menuliskan kalau perilaku anak autis bisa diredam dengan pelukan, Anda harus tahu kalau saat ini ada jaket khusus untuk anak autis. Apa istimewanya ya?

Sebuah jaket pada umumnya digunakan untuk melindungi tubuh dari terpaan angin dan udara yang kurang bersahabat. Namun, jaket yang dirancang pengusaha asal Singapura ini dapat membantu meredam kegelisahan yang dialami anak penyandang autisme.

Menurut sang penemu Roshni Mahtani, yang juga pendiri dan CEO TheAsianParent.com, T.Jacket ini dirancang untuk mengurangi reaksi kecemasan dan gugup pada anak autis. Dikembangkan pada awal 2012, T.Ware berfungsi sebagai pengendali otomatis yang bisa menekan perilaku anak autis.

"Jaket ini secara khusus dirancang untuk anak-anak autis yang sering bereaksi tiba-tiba dengan lingkungan baru, rutinitas yang berbeda, suara keras dan wajah-wajah baru yang dapat mengganggu pembelajaran dan pengembangannya," kata Roshni, seperti dilansir Fashioningtech, Sabtu (6/4/2013).

Anak autis seringkali merasa cemas sehingga perlu ada sesuatu yang membuatnya tenang. T.Ware 's T.Jacket ini merupakan solusi karena bisa memberi simulasi pelukan dan berefek menenangkan pada pemakainya.

Sebuah sistem cerdas tertanam dalam T.Jacket yang dapat dikontrol dan dimonitor melalui perangkat mobile seperti ponsel pintar atau tablet. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi pengurus atau orangtua dari anak autis.

Keuntungan tambahan lainnya menurut Roshni adalah pelukan ini bisa disesuaikan untuk beberapa anak sekaligus sesuai dengan kebutuhannya. Semua data antara perangkat dan anak yang memakai jaket ini bisa dicatat dan dipantau melalui internet.

"Produk ini adalah contoh brilian yang bisa membantu memecahkan kebutuhan masyarakat melalui solusi teknologi,"tambah Roshni. (Fit/Abd)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.