Sukses

Alami Cedera Rongga Mata, Alasan Son Heung Min Pakai Topeng Pelindung di Piala Dunia 2022

Bintang sepak bola Son Heung Min terlihat memakai topeng pelindung akibat cedera rongga mata yang dialaminya.

Liputan6.com, Jakarta - Bintang sepak bola Korea Selatan Son Heung Min terlihat memakai topeng masker pelindung yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Son Heung Min mengenakan masker pelindung akibat cedera di area sekitar mata kiri yang dideritanya sejak kemenangan Liga Champions pada 1 November lalu.

Bintang Tottenham Hotspur itu melompat di pertengahan babak pertama untuk mendapatkan bola yang melambung tinggi tetapi malah bertabrakan dengan bahu bek Marseille Chancel Mbemba yang juga memperebutkannya. Hal ini mengakibatkan benturan yang mengharuskan Son mendapat penanganan segera. Alhasil, ia keluar dari lapangan lebih awal dan menjalani operasi beberapa hari kemudian.

Untungnya, bagi kapten Korea Selatan itu, operasi yang dijalaninya sukses dan dia kemudian dipanggil untuk menunjukkan aksinya di Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar.

Penyerang Tottenham itu mengungkapkan ia merasa terhormat dapat bermain untuk negaranya. Ia juga mengatakan tidak akan melewatkan Piala Dunia hanya karena cedera yang dialami.

"Bermain untuk negara di Piala Dunia adalah impian begitu banyak anak yang tumbuh dewasa, termasuk saya juga," ujarnya dilansir dari situs The Sun.

"Saya tidak akan (melewatkan) ini demi apa pun. Saya tidak sabar untuk mewakili negara kita yang indah. Sampai jumpa lagi. Sonny."

Selain itu, ia telah menerima penghargaan dari rekan satu tim dan media atas etos kerjanya yang tanpa pamrih, upaya defensif, dan kemampuannya untuk membantu rekan satu tim, selain mencetak gol sendiri.

Dia telah dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah kesuksesannya yang luar biasa bersama Tottenham. Ia sering disebut sebagai pesepakbola Asia terhebat sepanjang masa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menggunakan Topeng

Ketika latihan bersama timnya di Doha, ia juga mengambil tindakan pencegahan ekstra dengan mengenakan topeng di sekitar area mata demi menghindari kemungkinan cedera lebih parah.

Son menjalani operasi untuk beberapa patah tulang di sekitar mata kirinya pada 4 November, tepat 3 hari setelah insiden terjadi. Kondisi rongga mata yang retak atau juga dikenal sebagai fraktur orbital, kadang-kadang dapat dianggap masalah yang tidak begitu serius, meskipun secara signifikan kurang umum daripada robekan otot.

Tidak semua yang menderita fraktur orbital perlu dioperasi. Namun, seperti halnya Son, rongga mata yang hancur perlu distabilkan dengan operasi untuk mengobati cederanya.

Untuk memperkuat area yang rusak, pelat logam kecil sering dimasukkan ke dalam tengkorak dalam situasi ini. Setelah operasi, rencana untuk kembali bermain di lapangan dapat dibicarakan melalui pertemuan dengan para ahli. Bahkan, mungkin sebenarnya, tantangan terbesar dalam rehabilitasi ini adalah masalah psikologis.

3 dari 4 halaman

Orbital Socket Fractures

Menurut situs WebMD, rongga orbital (mata) adalah satu set tulang yang mengelilingi dan melindungi mata Anda. Patah pada salah satu tulang di rongga mata Anda disebut sebagai orbital socket fractures. Tulang-tulang di sekitar mata membentuk dinding dan lantai—di bagian sisi dan bawah—dengan ketebalan yang bervariasi.

Penyebab utama fraktur orbital adalah pukulan keras di wajah Anda. Ini bisa dari bola, kepalan tangan, setir, atau apa pun yang mengenai wajah Anda dengan kekuatan tinggi dan menyebabkan tulang orbital retak.

Sebagian besar dari semua fraktur orbital—dan semua trauma mata secara umum—disebabkan oleh kecelakaan dan jarang dari kekerasan yang disengaja.

Gejala orbital socket fractures tergantung pada jenis dan tingkat keparahan benturan. Gejala dapat meliputi:

-Mata hitam

-Diplopia (penglihatan ganda)

-Enophthalmos (ketika mata Anda tidak berada pada tempatnya)

-Nyeri

-Pembengkakan

-Mati rasa di daerah sekitarnya, sampai ke bibir Anda

-Mobilitas dan daya tangkap mata terbatas, terutama ketika Anda mencoba melihat ke atas.

4 dari 4 halaman

Setelah Operasi

Dokter memeriksa gambar rongga mata segera—atau dalam beberapa hari—setelah operasi Anda. Setelah itu, perlu melakukan pemantauan lanjutan tiga hingga enam bulan setelah operasi untuk memastikan kesembuhan.

Dokter akan memastikan bahwa tidak terinfeksi meningitis. Ini bisa terjadi bahkan bertahun-tahun setelah operasi. Dokter mungkin tidak merekomendasikan antibiotik setelah operasi dilakukan.

Patah tulang rongga mata ini biasa terjadi dan kebanyakan orang pulih dari cedera mereka setelah beberapa minggu. Efek setelah operasi dapat bertahan dari dua hingga empat bulan.

Intinya adalah bahwa seseorang perlu mengambil tindakan pencegahan sebanyak mungkin karena kadang-kadang cedera ini dapat memiliki efek seumur hidup.

Mengenakan pelindung mata saat bekerja atau melakukan segala jenis olahraga dapat membantu mencegah kerusakan fraktur rongga mata lebih lanjut. Seseorang juga dapat mengenakan kacamata, perisai pelindung, atau masker untuk menghindari fraktur rongga mata.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini