Sukses

Capek Rebahan Terus? Tenang, Ini Cara Cepat Hasilkan Tubuh Bugar

Agar tubuh lebih bugar di tahun 2023, yuk, coba lakukan tren kesehatan hingga tips ini mulai dari sekarang

Liputan6.com, Jakarta Sudah hampir dua tahun sejak pandemi hadir, kita semakin disadarkan pentingnya menjaga kesehatan. Meski sulit dilakukan, banyak masyarakat yang mulai mengubah gaya hidup yang lebih sehat dan bugar. Terlebih untuk menyambut tahun baru yang bentar lagi akan datang, kita perlu membuka lembaran baru.

Awal tahun berikutnya adalah waktu yang tepat untuk mengubah rutinitas kesehatan kita, menetapkan beberapa tujuan dan niat baru untuk tahun depan dan mencoba sesuatu yang segar dan menarik. Industri kesehatan dan kebugaran adalah ruang besar dimana segala sesuatunya terus berkembang dan segala ide baru akan keluar. Nah, agar tubuh lebih bugar di tahun 2023, yuk, coba lakukan tren kesehatan hingga tips ini mulai dari sekarang, seperti dilansir dari amodrn.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Barre Jadi Tren Kesehatan di 2023

Nah, jika sedang mencari olahraga baru yang menyenangkan, kamu bisa mencoba olahraga barre ini. Fyi, olahraga ini asyik dilakukan bersama teman-teman, lho! Bertujuan untuk membentuk tubuh agar lebih kencang, meningkatkan kardio, kekuatan, daya tahan serta memperkuat otot dan persendian.

Barre adalah olahraga yang pergerakannya terinspirasi dari gerakan balet, dan digabungkan dengan kombinasi gerakan pilates dan yoga. Olahraga ini cocok dipadukan dengan olahraga lain seperti lari atau bersepeda. Melakukan olahraga barre secara rutin 2-3 kali seminggu dapat membantu kamu membentuk postur dan otot inti yang lebih baik.

Dilansir dari hellosehat.com, olahraga barre pergerakannya cenderung lebih tenang. Pelatih olahraga barre akan memberikan instruksi untuk melakukan perpindahan gerakan yang kecil, hanya beberapa inci dari tiap gerakan ke gerakan berikutnya. Gerakan kecil ini membuat tubuh kamu secara langsung menggunakan otot di area yang ingin dikencangkan. Hal ini disampaikan oleh Hollis Morris, pelatih senam di Pure Barre New York dalam laman Everyday Health.

Tips Menjadi Healthy Life Person!

3 dari 6 halaman

1. Perbanyak Minum Air Putih

Sejak kecil, kamu harus membiasakan diri untuk mengonsumsi air mineral. Meski dari segi rasa cenderung hambar, tapi kebutuhan ini harus dipenuhi dan dijadikan kebiasaan setiap harinya. Tubuh perlu terhidrasi setiap saat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Umumnya dalam sehari kamu harus mengkonsumsi air mineral sekitar 2 liter. Agar lebih mudah, kini sudah banyak tumbler berukuran 2 liter, sehingga kamu tinggal mengisinya penuh dan menghabiskannya dalam sehari.

4 dari 6 halaman

2. Nutrisi Makanan Sehat

Sebagai masyarakat Indonesia, pasti sering mendengar slogan Pedoman Gizi Seimbang sebagai standar nutrisi yang dibutuhkan. Nyatanya, hingga kini definisi kebutuhan makanan yang sehat terus berevolusi. Kebutuh makanan yang sehat dan bernutrisi harus terpenuhi dibagi menjadi dua yaitu makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien dimakan dalam jumlah besar dan termasuk sebagai sumber energi, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Sedangkan mikronutrien merupakan kebutuhan nutrisi dosis kecil, seperti vitamin dan mineral. Tentunya untuk pilihan makronutrien nggak hanya bisa didapatkan melalui olahan hewani, melainkan olahan nabati yang jauh lebih sehat.

5 dari 6 halaman

3. Istirahat Secukupnya

Kebutuhan nutrisi tercukupi dan rajin berolahraga nggak akan membuat tubuh menjadi bugar jika tidak diimbangi dengan istirahat secukupnya. Ibarat ponsel, walaupun kamu rajin membersihkan cache, tapi jika nggak pernah diisi baterainya dan terus menerus digunakan, maka akan gampang rusak dan tidak bisa digunakan. Begitu juga badanmu yang perlu diisi baterainya dengan beristirahat. Beristirahatlah secukupnya sekitar 7-9 jam per hari, jangan terlalu sebentar ataupun lama.

6 dari 6 halaman

4. Lakukan Medical Check Up

Masih banyak orang yang menganggap medical check up hanya wajib dilakukan oleh orang yang didiagnosa sakit saja. Kenyataannya, medical check up justru lebih baik dilakukan secara rutin 1-2 tahun sekali oleh semua kalangan usia. Terkadang kamu merasa nggak ada yang salah dalam tubuh, namun siapa yang tahu jika ternyata ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai.

Hal ini berguna untuk mengantisipasi keadaan yang nggak diinginkan pada tubuhmu dan baik untuk jangka panjang. Jangan pernah menyepelekan segala sesuatu, masih banyak orang diluar sana yang terlambat mengetahui penyakitnya karena nggak rutin medical check up.

So, sudah siapkah kamu memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar di tahun 2023?

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.