Sukses

Tanda Anda Dimanfaatkan Pasangan, Salah Satunya Diminta Mencari Pekerjaan Bergaji Tinggi

Hubungan harusnya didasari dengan cinta. Namun, apa jadinya jika pasangan menginginkan Anda hanya untuk dimanfaatkan?

Liputan6.com, Jakarta - Sepasang kekasih yang menjalin hubungan harusnya didasari rasa sayang dan peduli. Namun, adakalanya seseorang dimanfaatkan pasangannya sendiri untuk mencapai keinginan tertentu.

"Pasangan mungkin menggunakan Anda untuk menghindari kesepian," kata seorang psikolog klinis, pembicara, dan penulis Date Smart Dr. Carla Marie Manly.

Ada juga hubungan tidak sehat di mana pasangan mungkin menggunakan Anda untuk keuntungan finansial belaka atau supaya memiliki seseorang untuk diintimidasi dan dikendalikan.

Bagaimanapun, "memanfaatkan" biasanya mengarah pada ketidakjujuran dan manipulasi.

"Faktor tipu daya menyebabkan kerusakan mental dan emosional yang signifikan," kata Manly.

Ketika Anda menyadari bahwa pasangan memanfaatkan Anda, adalah normal untuk merasa sedih, kesal, dan marah. Menggunakan orang lain benar-benar tidak patut, dan rasanya tidak pernah menyenangkan untuk tidak dihormati—terutama oleh seseorang yang mengatakan ia mencintai pasangannya. 

Berikut tanda-tanda Anda dimanfaatkan oleh pasangan menurut situs Bustle, yaitu:

1. Anda Merasa Tidak Nyaman Di Dekatnya

Menurut seorang pekerja sosial klinis berlisensi Amalia Sirica, LCSW, tubuh dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang niat seseorang. Oleh karena itu, perhatikan bagaimana perasaan Anda setiap kali berbicara atau bergaul dengan sang kekasih.

Apakah Anda gelisah? Apakah Anda tegang? Apakah Anda marah tanpa alasan?

Reaksi fisik dan emosional seperti ini mungkin pertanda pasangan tidak memiliki niat baik dalam dirinya, bahkan jika Anda tidak dapat menjelaskan alasannya.

2. Selalu Ingin Berada di Rumah

Meskipun tidak ada yang salah dengan berada di rumah (terutama di tengah pandemi COVID-19), hal-hal mungkin mulai terasa tidak menyenangkan jika pasangan Anda hanya ingin menonton film dan bersantai di rumah—terutama jika Anda selalu menjadi orang yang pergi ke rumahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Pasangan Hanya Bersikap Baik Saat Menginginkan Sesuatu

Meskipun seringnya pasangan tampak jauh dan tidak tertarik, perhatikan apakah orang ini tiba-tiba menjadi perhatian kapan pun ia menginginkan sesuatu. Ia akan mengubah sikapnya yang tadinya tidak peduli menjadi sangat baik dan penuh kasih sayang—dan kemudian meminta bantuan segera setelah itu.

Akan tetapi, bukan berarti semua pasangan yang melakukan hal baik bisa dicap "suka memanfaatkan". Jika sang pujaan hati datang dengan sekotak martabak favorit Anda, misalnya, itu tidak berarti ia memiliki niat jahat.

Ini bisa disebut masalah hanya jika ada pola yang konsisten untuk tidak peduli, yang diikuti oleh kebaikan dan permintaan yang berlebihan.

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah jika segala sesuatunya terasa tidak seimbang, kata psikolog klinis Rachel Greenberg, LCP.

Anda juga dapat mendeteksi perasaan gelisah, seolah-olah tahu bahwa kebaikannya tidak tulus. Ketika itu masalahnya, berarti ada sesuatu yang salah dalam hubungannya dan harus segera ditangani, kata Greenberg.

3 dari 4 halaman

4. Mereka Menggunakan Anda untuk Membuat Koneksi

Jika pasangan memanfaatkan Anda, ia mungkin memiliki harapan ekstra tinggi dalam hal pencapaian Anda. Meski tentu saja semua pasangan yang baik berharap demikian, tetapi niat yang dimilikinya berbeda.

Ia melakukannya bukan untuk menyemangati atau mendukung Anda supaya tujuan yang diinginkan tercapai. Sebaliknya, itu karena kesuksesan yang Anda raih dapat bermanfaat baginya, kata terapis pernikahan dan keluarga berlisensi Tina Sadri, LMFT.

Itulah sebabnya pasangan Anda selalu berkata sedang sibuk jika diajak menonton film atau berkencan, tetapi tiba-tiba ada waktu untuk hadir ke pesta di mana ia mungkin bisa berkenalan dengan beberapa sosok berpengaruh yang ditemui.

Hal yang sama berlaku untuk acara kerja, di mana kekasih mungkin bisa membangun koneksi jika hadir sebagai plus-one Anda. Baginya, hubungan Anda adalah sarana untuk menambah koneksi.

5. Mereka Mendorong Anda untuk Mengambil Pekerjaan Bergaji Tinggi

Pasangan mungkin juga mendorong Anda untuk mengambil pekerjaan bergaji lebih tinggi dan membuat Anda merasa bersalah jika tidak tertarik dengan pekerjaan tersebut, kata Sadri.

Ini mungkin terlihat seperti sikap manis dan penuh dukungan. Akan tetapi, jika melihat cukup dekat, Anda akan menyadari bahwa dukungan itu bercampur dengan keinginannya untuk mendapatkan keuntungan dari hal itu.

4 dari 4 halaman

6. Melewati Batas

Jika tubuh bereaksi negatif, itu mungkin karena pasangan bertingkah melewati batas-batas untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Perhatikan saat-saat di mana ia melewati batas, serta bagaimana ia merespons ketika Anda menegurnya atau mengatakan "tidak."

"Anda dapat belajar banyak tentang seseorang dari cara mereka menghargai batas," jelas Sirica.Seseorang yang menjalin hubungan dengan Anda karena menyukai Anda akan dengan mudah mengerti dan menghargai batasan yang dibuat. Jika pasangan memanfaatkan Anda, yang terjadi adalah sebaliknya.

Ia kemungkinan akan benar-benar marah dan menerobos batas atau beralasan bahwa membuat batasan itu suatu hal yang "bodoh" atau "tidak adil" alih-alih memperbaiki perilakunya.

"Dengan kata lain," kata Sirica, "ia tidak menghormatinya."

7. Hubungan Terasa Tidak Seimbang

"Pasangan yang menggunakan Anda umumnya akan memiliki pendekatan yang tidak adil dalam hubungan," kata Manly.

Hal itu dapat bermanifestasi secara finansial, emosional, atau fisik. Mungkin terasa seperti Anda selalu menjadi orang yang membayar sesuatu, merencanakan kencan, membeli hadiah, dan melakukan pekerjaan rumah. Sementara pasangan Anda sepertinya tidak pernah melakukan upaya apa pun.

"Jika pasangan Anda tampaknya tidak mau membalas budi, atau tidak bersemangat untuk memberi kembali, kemungkinan ia memanfaatkan Anda pada tingkat tertentu," kata Manly.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini