Sukses

Wajib Tahu, Camilan Malam Hari yang Baik dan Buruk bagi Tubuh

Sebelum asal melahap makanan yang terlihat di depan mata, simak aneka camilan larut malam yang baik dan buruk untuk kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Jam telah menunjukkan waktu larut, tetapi Anda tidak bisa tidur. Perut terasa lapar tapi tidak tahu apa yang harus dimakan. 

Memesan martabak atau roti bakar  biasanya kerap dilakukan kala lapar tengah malam. Lalu, lanjut menyomot makanan ringan seperti keripik. 

Padahal, ada beberapa camilan yang tepat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berikut beberapa contoh makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari menjelang waktu tidur Anda menurut situs WebMD:

1. Pizza 

Pizza mungkin terlihat menggoda, tetapi makanan apa saja yang terlalu berminyak dapat menyebabkan heartburn—iritasi pada eskofagus yang menyebabkan sensasi terbakar di dada—terutama jika Anda berbaring segera setelah melahap habis makanan tersebut.

Sebaliknya, pilih camilan yang memiliki kurang dari 200 kalori adalah pilihan yang jauh lebih aman.

2. Keripik

Lemak dan garam adalah kombinasi yang buruk, terutama saat mendekati waktu tidur. Selain itu, Anda kemungkinan besar kesulitan berhenti mengunyah camilan renyah ini hingga tanpa sadar sudah menghabiskan satu wadah penuh.

Apa yang harusnya menjadi camilan kecil sebelum tidur bisa berubah menjadi malapetaka bagi suasana hati dan lingkar pinggang Anda.

3. Es Krim

Vanila, coklat, atau stroberi? Apapun varian rasa favorit Anda, cobalah untuk menghindarinya di waktu malam.

Lemak dan gula dapat membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Apalagi jika memilih rasa cokelat, kafein yang diperoleh akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Sereal Manis

Sereal manis sarat dengan karbohidrat kosong, sehingga tidak akan memuaskan Anda untuk waktu yang lama. Jika Anda ingin makan sereal, tukar sereal manis Anda dengan varian lain yang rendah gula dan tinggi serat.

5. Kukis dan Cokelat

Terlalu banyak konsumsi gula akan membuat Anda bersemangat meskipun hanya sebentar. Ini tentunya bertentangan dengan fakta bahwa Anda tidur dalam keadaan tenang.

6. Soda dan Alkohol

Anda mungkin sudah tahu perlunya menjauhkan diri dari kopi di jam tidur, tetapi berhati-hatilah dengan teh dan soda berkafein. Cobalah untuk tidak mengonsumsi segala bentuk kafein setidaknya 6 jam sebelum tidur.

Selain itu, minuman berkarbonasi bisa menjadi masalah bahkan jika bebas kafein. Gelembung pada minuman bersoda dapat membuat Anda merasa kembung dan memicu heartburn.

Menenggak alkohol sebelum tidur juga bukan pilihan bagus. Meskipun alkohol dapat membuat Anda mengantuk, alkohol juga membuat lebih sulit untuk tetap tertidur.

3 dari 5 halaman

Camilan Larut Malam yang Baik Dikonsumsi

Sementara itu, camilan larut malam yang baik dikonsumsi sebelum tidur menurut menurut situs WebMD yaitu:

1. Popcorn

Selama tidak diguyur dalam mentega atau bumbu tabur super asin, popcorn adalah pilihan yang cukup bagus untuk mengganjal lapar di jam malam.

Popcorn merupakan biji-bijian utuh yang mengandung serat. Oleh karena itu, popcorn menjadi pilihan yang lebih baik daripada keripik karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Sandwich Kalkun

Ketika Anda menginginkan sesuatu untuk mengisi perut, setengah potong sandwich roti gandum adalah pilihan yang baik. Tubuh mencerna biji-bijian utuh lebih lambat sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, kalkun mengandung triptofan, asam amino yang membantu membuat mengantuk.

Jika Anda tidak menyukai kalkun, cobalah selai kacang atau almond yang dioleskan ke roti gandum utuh panggang. Selai kacang memiliki lemak sehat yang meningkatkan kadar serotonin, bahan kimia yang meningkatkan suasana hati dan membantu Anda rileks.

4 dari 5 halaman

3. Teh Herbal

Menikmati ecangkir teh herbal (bebas kafein) dapat membantu Anda tenang sebelum tidur. Cobalah beberapa varian teh seperti chamomile, passion flower, atau valerian. Peppermint juga bisa menjadi pilihan yang menenangkan.

4. Granola Bar Rendah Gula

Granola bar dapat menjadi pengganti kukis yang sempurna selama Anda memeriksa label nutrisi sebelum memakannya. Pastikan bar Anda mengandung protein dan serat serta tidak mengandung terlalu banyak gula.

Anda juga bisa mengonsumsi setengah pisang dan segenggam almond. Keduanya merupakan sumber magnesium, mineral yang dapat membantu Anda rileks. Kombo buah dan kacang ini juga mengandung beberapa triptofan yang bagus untuk Anda.

5. Greek Yogurt

Ketika Anda menginginkan suguhan krim di malam hari, menyendok Greek yogurt yang kaya protein adalah keputusan yang lebih baik.

Anda juga dapat menambahkan beberapa ceri atau raspberi di atasnya. Buah-buahan tersebut mengandung melatonin, hormon yang membantu mengantar Anda ke alam mimpi.

5 dari 5 halaman

6. Oatmeal

Sering menjadi pilihan di pagi hari, oatmeal ternyata bukan hanya untuk sarapan.

Semangkuk oatmeal yang hangat bisa menenangkan tubuh, dan seratnya akan membantu mengisi perut Anda yang berbunyi nyaring. Oatmeal juga mengandung melatonin yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

Jika Anda ingin makan sesuatu saat menonton TV larut malam, berhentilah sejenak dan tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar lapar. Mungkin Anda hanya bosan atau gelisah.

Akan tetapi, jika Anda benar-benar lapar, jangan abaikan sinyal tubuh Anda: Sulit untuk tertidur ketika perut bergemuruh atau gula darah rendah. Memilih camilan malam hari yang tepat dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Selain itu, makanlah dengan porsi kecil. Bahkan jika Anda merasa rakus, jangan berlebihan. Tidur dengan perut yang terlalu kenyang dapat menyebabkan heartburn dan kembung yang mengakibatkan lebih sulit untuk beristirahat.

Sebaliknya, bidik "porsi mini," idealnya yang memiliki sedikit protein dan beberapa karbohidrat kompleks.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.