Sukses

Mudah Lelah dan Ngantuk? Buruan Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rasa mengantuk dan lelah yang seringkali muncul bisa menimbulkan dampak yang buruk dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang menganggap rasa ngantuk dan lelah sepanjang hari ini bukan sebuah masalah besar. Padahal hal ini bisa menimbulkan dampak yang buruk dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menurut survei tahunan Tahun Kesehatan WebMD, kelelahan menduduki peringkat sebagai salah satu dari lima masalah kesehatan teratas yang dialami perempuan. Penyebab rasa ngantuk dan lelah sepanjang hari biasanya disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari depresi hingga pola makan.

Dilansir dari lifehack.org, berikut sejumlah penyebab munculnya rasa lelah dan cara mengatasinya.

1. Depresi

Penyebab rasa kantuk dan lelah sepanjang hari yang pertama adalah Depresi. Depresi merupakan sebuah masalah mental yang menunjukkan banyak gejala fisik. Kondisi ini bukan hanya menyebabkan sakit kepala dan hilangnya selera makan, tetapi juga menyebabkan kamu mengalami kelelahan dan mengantuk sepanjang harinya.

Cara mengatasinya:

Bila kamu mengalami hal ini, sebaiknya segera memeriksakan kesehatan ke dokter agar tidak semakin berdampak buruk. Dengan berkonsultasi seputar kesehatan mental, kamu dapat kembali memiliki pola pikir yang positif dan memperbaiki suasana hati yang depresi.

2. Kurang Olahraga

Ternyata, kurang olahraga atau aktivitas fisik juga menyebabkan tubuh menjadi lelah dan merasakan ngantuk sepanjang hari lho. Aktivitas fisik seperti olahraga bisa meningkatkan energi seseorang, selain karena faktor asupan makanan. So, lakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau berlari di pagi hari, berenang, badminton, dan masih banyak lagi

Cara mengatasinya :

Asupan makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik yang teratur, membantu kamu bisa menghindari rasa lelah dan kantuk sepanjang hari. Pola hidup sangat menentukan dalam menjaga kesehatan seseorang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pola Makan Tidak Teratur

Kurangnya asupan zat besi dalam makanan membuat tubuh tidak mampu menghasilkan hemoglobin (Hb), akibatnya kamu bisa mengalami anemia. Karena itu sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan dan menjaga pola makan sehat. Hindari konsumsi makanan sembarangan yang membuat masalah pada kadar gula darah tubuh.

Cara mengatasinya:

Biasakan sarapan di pagi hari dan pastikan mengonsumsi protein serta karbohidrat kompleks setiap harinya. 

4. Dehidrasi

Kelelahan dan mengantuk yang terjadi bisa merupakan tanda dehidrasi. Dalam kehidupan sehari-hari, tubuh memerlukan air untuk bisa bekerja dengan baik dan tetap semangat.

Cara mengatasinya:

Minum air putih adalah salah satu cara paling mudah, murah, dan ampuh dalam mengembalikan kekurangan cairan tubuh. Pastikan kamu selalu mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya, ya! Semakin banyak cairan yang diminum, masalah kelelahan bisa diatasi.

3 dari 3 halaman

5. Kurangnya Asupan Vitamin

Kurang asupan vitamin juga bisa membuat seseorang merasa kantuk dan lelah sepanjang hari. Biasanya hal ini terkait dengan rendahnya tingkat vitamin D, vitamin B-12, zat besi, magnesium, atau kalium.

Cara mengatasinya :

Untuk menambah energi dan mengatasi tubuh lelah dan ngantuk, dibutuhkan pula asupan vitamin yang mencukupi. Ada banyak lho brand kesehatan yang mengeluarkan produk multivitamin yang bertujuan untuk menambah imun agar terhindar dari lemas, lelah, dan ngantuk.

Ada beragam multivitamin yang bisa kamu dapatkan di beberapa apotek hingga marketplace. Harganya variatif, dari terjangkau sampai yang mahal, tergantung dengan kualitas yang kamu inginkan.

So, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi rasa ngantuk dan lelah sepanjang hari. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kesehatan kamu untuk mendukung aktivitas sehari-hari dan meraih masa depan lebih baik.  

“The first wealth is health" - Ralph Waldo Emerson.

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.