Sukses

Saatnya Cegah Diabetes dengan Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini!

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Bahkan, penyakit satu ini menjadi salah satu penyakit dengan jumlah penderita terbanyak di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Menurut World Health Organization, diperkirakan jumlah pasien diabetes di Indonesia, khususnya tipe 2 akan mengalami peningkatan yang signifikan hingga 16,7 juta pada tahun 2045. Mengerikan bukan? Fyi, diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah.

Diabetes pun penyakit yang bisa menyebabkan berbagai komplikasi pada penderitanya yang dapat mempengaruhi kualitas hidup dan dapat menyebabkan kematian. Acap kali, diabetes disebabkan oleh faktor pola hidup yang tidak sehat dan genetik.

Faktor genetik berpengaruh? Ya, dilansir dari Healthline, para ilmuwan telah menghubungkan beberapa mutasi gen dengan riwayat diabetes yang lebih tinggi akan memiliki anggota keluarga yang berpeluang besar menderita diabetes baik tipe 1 dan 2.

Tapi, kalian tidak perlu khawatir. Diabetes dapat dicegah dengan berbagai cara lho! Dilansir dari MedicalNewsToday, berikut 5 makanan yang bisa menghindarkan kalian dari penyakit diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Sayuran

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan, bahwa sayuran memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Salah satunya adalah mencegah penyakit diabetes masuk ke dalam tubuh.

Kandungan yang ada di dalam sayuran mampu menjaga asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan di dalamnya meliputi vitamin, mineral, potasium, kalsium, protein, dan serat. Dari kandungan tersebut, tubuh akan menjadi lebih sehat dan akan bekerja secara optimal.

Kalian bisa memakan berbagai macam sayuran, seperti bayam, jagung, brokoli, kubis, sawi, tomat, dan kentang.

2. Gandum dan Kacang-kacangan

Kandungan serat, vitamin, dan mineral yang tinggi di dalamnya dapat menjaga kesehatan tubuh. Terutama karena kandungan serat yang tinggi, bisa memperlambat penyerapan glukosa dalam tubuh yang berpengaruh pada risiko kenaikan gula darah menjadi rendah.

Banyak varian makanan yang bisa menjadi alternatif pemenuhan karbohidrat dalam tubuh yang sangat baik untuk mencegah diabetes. Mulai dari roti gandum, kacang merah, kacang putih, dan berbagai kacang-kacangan.

3. Buah

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa buah memiliki kandungan gula yang tinggi. Tidak salah memang, karena di dalam buah terdapat kandungan gula, tetapi kandungan tersebut tidak dihitung sebagai gula bebas. 

Kalian bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Seperti apel, alpukat, ceri, anggur, stroberi, hingga buah persik.

4. Biji-bijian Utuh

Salah satu cara efektif untuk mengelola kadar glukosa dara adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kadar glikemik yang tinggi. Kalian bisa mengonsumsi biji-bijian utuh sebagai pengganti makanan sehari-hari. Seperti oat, sereal jagung, barley, hingga beras mati.

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak memiliki kandungan nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh, yaitu asam lemak omega-3. Kandungan tersebut memiliki peran yang sangat penting guna membantu tubuh untuk bekerja dengan optimal dalam meningkatkan fungsi organ tubuh, seperti hati dan otak.

Selain itu, mengonsumsi ikan berlemak dapat menstabilkan gula darah bagi penderita diabetes. Kalian bisa mengonsumsi ikan sarden, ikan tuna, dan ikan salmon.

Nah, itu tadi 5 makanan yang bisa mencegah kalian dari bahaya penyakit diabetes. Tapi yang harus diingat adalah bagaimana konsistensi kalian dalam mengonsumsi makanan tersebut secara rutin ya! Jika tidak, bahaya penyakit diabetes akan terus mengintai!

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini