Sukses

Gelang Sisca Kohl Saat Acara Tingjing Curi Perhatian, Punya Sejarah dan Keunikan Tersendiri

Gelang saat Sisca Kohl dan Jess No Limit lamaran atau Tingjing punya sejarah yang dalam

Liputan6.com, Jakarta - Usai mengunggah foto lamarannya, Jess No Limit dan Sisca Kohl kembali membagikan kabar bahagia. Keduanya telah melakukan prosesi Tingjing atau yang lebih sering disebut dengan kalungan dalam adat Tionghoa.  

Ternyata momentum bahagia di hidup Sisca Kohl dan Jess No Limit ini sudah berlangsung sejak dua bulan lalu, tepatnya pada Rabu 10 Agustus 2022 lalu. Foto-fotonya sendiri baru diunggah oleh keduanya pada Kamis, 6 Oktober 2022 malam.

"Kalungan / Tingjing (定亲) Mr. & Mrs. No Limit 10 Agustus 2022," tulis Jess No Limit dan Sisca Kohl dalam keterangan foto terbarunya.

Apa itu Tinjing? Mengutip laman tionghoa.info pada Jumat, 7 Oktober 2022, proses Tingjing umumnya dilakukan di rumah mempelai wanita. Prosesi dimulai dengan mempelai pria yang datang ke rumah mempelai wanita. Setelah sesi sambutan, ibu dari mempelai pria akan memakaikan kalung sebagai tanda ikatan.  

Prosesi kemudian akan berlanjut pada penentuan tanggal pernikahan keduanya. Selain banyak warganet yang salfok dengan penampilan Sisca Kohl lewat gaun dan make up yang digunakan, gelang yang digunakan Sisca Kohl pun ikut jadi sorotan.  

Sebab, Sisca Kohl nampaknya menggunakan gelang dari Van Cleef & Arpels. Vintage Alhambra bracelet 5 motifs berwarna Carnelian tersebut memiliki sejarah dan arti tersendiri.

Mengutip laman Van Cleef & Arpels, perhiasan Alhambra pertama kali dibuat pada tahun 1968, kreasi Vintage Alhambra yang dibuat oleh Van Cleef & Arpels ini dianggap memiliki keanggunan yang unik dan tak akan lekang oleh waktu.

Gelang ini terinspirasi dari daun semanggi (clover leaf), sebuah ikon keberuntungan yang dihiasi dengan pinggiran manik-manik emas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keunikan Perhiasan Van Cleef & Arpels

Beberapa dari Anda mungkin tak asing dengan motif gelang yang digunakan oleh Sisca Kohl. Hal tersebut lantaran Van Cleef & Arpels memang telah lama menjadi perusahaan perhiasan mewah yang ikonik dan dicintai.

Namun, tak dapat dimungkiri, begitu banyak desain yang menjiplak karya dari brand satu ini. Alhasil, terdapat keunikan yang bisa dipahami oleh para pembeli perhiasan Van Cleef & Arpels.

Pertama, setiap perhiasan Van Cleef & Arpels memiliki cap dengan posisi berbeda untuk masing-masing perhiasan. Cap tersebut bertuliskan Van Cleef & Arpels atau VCA.

Kedua, perhiasan dari Van Cleef & Arpels juga hanya menggunakan emas 18K. Sehingga setiap bagiannya ditandai dengan angka 750 untuk menunjukkan bahwa logam tersebut 75 persen murni.

Ketiga, perhiasan dari Van Cleef & Arpels memiliki nomor seri yang unik dan akan terlihat dekat dengan cap bertuliskan VCA atau Van Cleef & Arpels.

Nomor seri tersebut akan berbeda pada masing-masing perhiasan dan bisa diperiksa kecocokannya.

3 dari 4 halaman

Respons Warganet untuk Gelang Sisca Kohl

Pembicaraan terkait gelang yang digunakan Sisca Kohl pada saat kalungan tersebut tentu mendapatkan respons yang tidak sedikit dari warganet. Banyak yang membayangkan kapan bisa memilikinya hingga alasan Sisca Kohl memiliki gelang tersebut.

"Kenapa Sisca beli itu? Karena dipakai Jhope dan Sisca ARMY," tulis akun @jl***dh.

"Ya Allah kapan ya sekaya itu," tulis akun @m***i.

"Kalo mau nyari yang mirip2 di toko emas banyak yg jual biasanya kadar emasnya 16K," tulis akun @pi***y.

"Fyi aja kl kalian nonton yt sisca yg di korea, dia punya tu gelang dari berbagai warna :)," tulis akun @me***y.

4 dari 4 halaman

Perhiasan Sisca Kohl yang Ramai Diperbincangkan

Momentum kalungan bukanlah kali pertama perhiasan Sisca Kohl jadi ramai diperbincangkan. Sebelumnya, pria bernama asli Tobias Justin tersebut memberikan cincin lamaran pada Sisca Kohl dengan harga fantastis.

Jess No Limit diketahui memesan cincin tersebut dari brand Cartier di Singapura. Mengutip Showbiz Liputan6.com, cincin yang diberikan pada Sisca Kohl memiliki model solitaire 1895 dengan harga jual mulai dari Rp704,3 juta hingga Rp1,5 miliar.

Saat memilih cincin itu, Jess No Limit diketahui dibantu oleh ibu dan adiknya Jessica Jane. Sebelumnya, Jess No Limit mengaku sudah melihat cincin yang diinginkan tersebut di Indonesia.

Namun, stok cincin tersebut di Indonesia sedang tidak ada stok. Sehingga dirinya pun pergi ke Singapura untuk memesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.