Sedang dalam Kondisi Mata Panda? Lakukan 5 Cara Ini untuk Atasinya!

Oleh Fachri pada 04 Okt 2022, 21:45 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 21:45 WIB
Mata Panda.
Perbesar
Ilustrasi perempuan dengan mata panda. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Puff eyes atau mata panda merupakan sebuah lingkaran gelap yang bentuknya menyerupai sebuah kantong di bawah mata. Kondisi seperti itu bisa dialami oleh siapa saja, baik pria atau wanita dan muda atau tua. 

Banyak faktor yang memengaruhi kenapa mata panda bisa dialami oleh sebagian orang. Mulai dari kelelahan, faktor penuaan, mata yang tegang. Selain itu, mata panda juga bisa diakibatkan oleh reaksi alergi, genetika, terkena paparan sinar matahari secara berlebih, dan dehidrasi.

Tidur yang cukup diperlukan untuk menghilangkan secara efektif mata panda. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mata panda. Melansir Healthline, berikut cara menghilangkan mata panda secara alami dan efektif.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Kompres dengan Air Dingin

Mata panda merupakan kondisi pembengkakan yang terjadi di bagian bawah mata. Untuk mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembulu darah, kompres dengan air dingin harus dilakukan.

Kita bisa meletakkan es batu dalam satu wadah dan rendam waslap bersih di dalamnya. Setelah itu, oleskan waslap itu ke bagian mata panda selama 20 menit.

2. Atur Posisi Tidur

Posisi tidur juga bisa memengaruhi pembengkakan yang terjadi di bagian bawah mata lho! Untuk itu, cobalah angkat kepala dengan dua atau tiga bantal agar posisi kepala jauh lebih tinggi.

Langkah ini bisa meminimalisir penumpukan cairan di bagian bawah mata. Karena, ketika penumpukan itu terjadi, mata akan terlihat seperti mengalami pembengkakan.

3. Pakai Concealer

Teruntuk wanita, langkah ini bisa dengan mudah dilakukan. Hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, mata panda bisa tersamarkan atau bahkan hilang. Dengan concealer, lingkaran hitam di bagian mata akan tersamarkan dan warnanya akan menyatu dengan warna kulit wajah.

4. Pakai Rendaman Teh

Karena teh mengandung kafein dan antioksidan, sirkulasi darah akan mengalir lancar dan penumpukan cairan di bawah mata akan berkurang. Kalian bisa coba melakukan cara ini dengan membuat kantong untuk kompres dari rendaman teh ya!

Kalian tinggal siapkan teh. Lalu rendam dua kantong teh hijau dengan air panas selama 5 menit. Setelah itu, dinginkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah dingin, oleskan kantong teh tersebut ke mata yang tertutup, tunggu selama 20 menit.

5. Konsumsi Makanan Berkolagen

Semakin berjalannya waktu, semakin bertambah juga usia manusia. Efeknya, otot dan jaringan yang menopang kelopak mata akan semakin melemah. Untuk itu, guna meningkatkan daya tahan tubuh manusia, diperlukan asupan vitamin C yang akan menyerap lebih banyak asam hialuronat (zat alami dalam tubuh yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan).

Makanan yang kaya akan asam amino juga bisa membantu produksi kolagen melalui peningkatan kadar asam hialuronat. Kalian bisa mengkonsumsi sumber vitamin C, seperti jeruk, kubis, dan brokoli.

Itu 5 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mata panda yang sedang kalian alami. Memang, mata panda tidak berbahaya untuk kesehatan, tapi itu bida berpengaruh pada penampilan lho! Saatnya mencoba langkah-langkah di atas ya!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya