Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Jantung

Oleh Liputan6.com pada 07 Okt 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi lucu, tertawa
Perbesar
Ilustrasi lucu, tertawa. (Photo by javi_indy on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak pernah tertawa? Semua orang pasti pernah melakukannya. Kita tertawa ketika merasa gembira atau melihat hal-hal lucu di sekeliling kita. Terkadang kita sampai terpingkal-pingkal saking lucunya. Selera humor yang baik memang tidak dapat menyembuhkan penyakit, tetapi bukan berarti tawa yang renyah tak membawa manfaat apa pun bagi tubuh kita.

Tertawa merupakan terapi terbaik yang tak hanya menyembuhkan jiwa namun juga raga. Tertawa merupakan obat termurah di dunia yang memiliki kekuatan untuk menenangkan tubuh, meningkatkan sistem imun, serta meredakan tekanan fisik. Fakta menarik nan luar biasa lainnya dari tertawa yaitu "tertawa baik bagi kesehatan jantung".

Tertawa dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke sebab ia mempertahankan kesehatan endotelium. Endotelium merupakan lapisan sel yang melapisi pembuluh darah dan pembuluh darah getah bening tubuh, mengutipCleveland Clinic.

Saat seseorang tertawa, aliran darah dan tekanan darah meningkat tetapi akan turun kembali ketika ia berhenti tertawa. Oleh karena itu, tertawa dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh.

Menurut banyak penelitian, depresi, kemarahan, dan kecemasan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Begitu pula sebaliknya. Rasa humor, kebahagiaan, dan tawa baik untuk kesehatan jantung.

Asosiasi Jantung Amerika (AHA) mengungkapkan bahwa tertawa menurunkan hormon stres, mengurangi inflamasi atau peradangan, dan menungkatkan kolesterol baik (HDL). Semua itu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Studi ini juga menyebutkan bahwa dampak positif tertawa dapat bertahan selama 24 jam.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Hasil Penelitian

Ilustrasi ngobrol, kerja di kantor, tertawa
Perbesar
Ilustrasi ngobrol, kerja di kantor, tertawa. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

Endotelium adalah lapisan tipis pembuluh darah yang mengatur aliran darah, mengeluarkan bahan kimia sebagai respons terhadap infeksi dan luka, dan menyesuaikan penebalan darah. Endotelium memainkan peran penting dalam kesehatan jantung dan pertumbuhan penyakit jantung.

Menurut sebuah studi dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, tertawa berhubungan dengan fungsi pembuluh darah yang sehat yang meningkatkan kesehatan jantung. Studi ini menunjukkan bahwa ketika seseorang tertawa, endotelium mengembang dan meningkatkan laju aliran darah. Sebagian besar penyakit jantung dikaitkan dengan berkurangnya aliran darah tetapi berkat tawa yang hangat, orang dapat menurunkan risiko banyak penyakit jantung yang serius.

Studi lain yang dilakukan pada pasien jantung yang pulih menunjukkan bahwa pasien yang mendapat skor tinggi pada tes depresi, kemarahan, dan kesedihan delapan kali lebih tinggi berisiko meninggal dalam waktu 18 bulan dibandingkan dengan pasien yang lebih optimis.

Menurut direktur Pusat Pencegahan Kardiologi di Pusat Medis Universitas Maryland (UMMC) Michael Miller, alasan mengapa tawa baik untuk jantung masih belum diketahui, tetapi diketahui bahwa tertawa mengurangi stres yang terkait dengan gangguan endotelium.

Menurut artikel Pusat Nasional Informasi Bioteknologi (NCBI), bahkan setelah mencegah banyak faktor risiko penyakit jantung seperti hipertensi, hiperlipidemia, depresi, obesitas, dan yang lainnya, prevalensi penyakit jantung 1,21 kali lebih tinggi untuk orang yang tidak pernah tertawa daripada orang yang tertawa secara teratur.

Menurut studi NCBI lainnya, tertawa secara teratur juga dapat mencegah penyakit jantung koroner (PJK).


Manfaat Tawa Untuk kesehatan Jantung

Ilustrasi tertawa, kata-kata, lucu
Perbesar
Ilustrasi tertawa, kata-kata, lucu. (Photo by Trương Hoàng Huy Ngân on Pixabay)

Jika Anda sudah lama tidak tertawa, inilah saatnya bagi Anda untuk tertawa demi kesehatan jantung dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Sebab, ketika anda tertawa, hati anda akan mengucapkan terima kasih dan berjanji untuk menjadi sehat.

Berikut adalah beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan jantung:

1. Tertawa mengurangi risiko penyakit jantung

Tertawa baik untuk sistem jantung dan fungsinya karena mencegah perkembangan kolesterol, lemak, dan penumpukan zat lainnya. Tertawa merilekskan tubuh dan mengatur tekanan darah dan aliran darah.  Ketika Anda tertawa, aliran darah meningkat dan tekanan darah naik; tetapi ketika Anda berhenti tertawa, tekanan darah turun kembali. Efek relaksasi inilah yang membantu menurunkan tekanan darah.

2. Meningkatkan fungsi pembuluh darah

Tertawa membantu endotelium untuk memperluas dan meningkatkan aliran darah. Orang yang memiliki endotelium sehat memiliki kemungkinan lebih rendah untuk terkena aterosklerosis, yaitu menumpuknya lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam di di dinding arteri yang menyumbat aliran darah. Selain itu juga menurunkan risiko penyakit jantung lainnya.

 


3. Meningkatkan kadar kolesterol baik

ilustrasi tertawa
Perbesar
ilustrasi tertawa (Sumber: Unsplash) / David Calderon

Sebagian besar masalah jantung terjadi karena kelebihan jumlah kolesterol jahat (LDL), tetapi tawa memiliki efek positif pada kolesterol. Tawa meningkatkan level kolesterol baik (HDL) dalam aliran darah dan mendorong kembali LDL ke hati.

4. Mengurangi hormon stres

Stres adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. Stres membatasi arteri dan mengurangi aliran darah yang melalui jantung dan tubuh. Tapi, solusinya terletak pada tawa indah Anda. Jadi, tersenyumlah dan tertawalah sekarang!!

Tawa yang baik meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan otot-otot. Tawa juga mengurangi gejala stres dan penyakit jantung lainnya.

 

Artikel ini bertujuan menyadarkan Anda bahwa tawa ternyata tak hanya menyenangkan, tetapi juga membawa berbagai manfaat bagi tubuh kita. Tawa membawa dampak baik untuk kesehatan jantung serta dapat menurunkan hormon stres. Hatimu juga bahagia saat kamu bahagia. Oleh karena itu, ingatlah selalu untuk tertawa dan bahagia meskipun hanya karena hal-hal kecil.

(Adelina Wahyu Martanti)

Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya