Orang dengan Diabetes dan Kolesterol Tinggi, Bolehkah Makan Durian?

Oleh Pramita Tristiawati pada 01 Okt 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 16:00 WIB
Buah durian
Perbesar
Ilustrasi buah durian. (Pexels.com/Maddog 229)

Liputan6.com, Tangerang Durian merupakan buah yang terkenal dan sangat disukai sebagian penduduk di Indonesia. Namun, apa boleh orang dengan riwayat penyakit tertentu mengonsumi buah manis itu?

Bagi orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi mengonsumsi durian masih boleh. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan seperti disampaikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RS Siloam Lippo Village, Ira Andaningsih. 

"Faktanya, tetap boleh dikonsumsi, namun tidak dalam porsi yang banyak. Sebab apa? Dalam buah durian terdapat kalori yang besar, sehingga bisa meningkatkan kalori dan memacu simpatis. Jadi wajar, ketika setelah makan durian membuat tensi naik, tapi hanya sementara, tidak jangka panjang," ungkap Ira.

Sementara itu, bagi orang diabetes disarankan tidak mengonsumsi durian. Sebab, kalori buah satu ini sangat sangat tinggi.

"Untuk diabetesi tidak boleh makan durian karena kalori tinggi," tutur Ira di MaxxBox Lippo Village Tangerang, Sabtu (1/10/2022).

Di kesempatan berbeda, pakar nutrisi Rita Ramayulis juga mengatakan orang dengan diabetes tidak boleh makan durian.

Orang dengan diabetes dilarang makan durian karena kandungan gula di buah ini yang begitu tinggi. Seperti kita ketahui, diabetesi harus membatasi asupan gula ke tubuh.

"Orang dengan diabetesi tidak boleh mengonsumsi buah musiman karena tinggi gula. Ya seperti rambutan, duku, kelengkeng dan durian ini," ucap Rita.

Kalau orang dengan diabetes makan durian, meski hanya satu biji, gula darahnya akan langsung melonjak tak terkendali. 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bila Amat Ingin Makan Durian

Buah durian
Perbesar
Ilustrasi buah durian. (Pexels.com/pipol pipol molla)

Namun, bila orang dengan diabetes amat ingin makan buah ini, Rita mengatakan boleh tapi hanya mencicip sedikit saja. Mencicipi satu potong kecil boleh disertai dengan mengonsumsi sayuran. 

"Dia makan satu (mencicip sedikit) tapi enggak boleh dimakan tunggal alias durian itu doang. Kalau seperti itu gulanya langsung naik," kata Rita.

"Makanya, makan durian bagi diabetesi harus dibarengi dengan sayuran. Sehingga, gula ditahan oleh serat sayur, gula pun naik sedikit-sedikit," pesannya.


Makan Durian Tidak Boleh Dalam Perut Kosong?

Arti Mimpi Makan Durian Bersama Orang Terdekat
Perbesar
Ilustrasi Mimpi Makan Durian Credit: pexels.com/Jim

 

Sementara itu, bagi orang tanpa penyakit penyerta alias sehat boleh-boleh saja makan durian secukupnya. Seperti makan buah pada umumnya, tidak perlu makan besar terlebih dahulu.

"Enggak (harus makan nasi dahulu). Prinsip makan durian sama seperti buah lainnya. Prinsip buah itu bisa makan kapan saja, hanya porsinya harus diperhatikan" kata Rita saat ditemui di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. 

Durian adalah buah tropis asli Asia Tenggara. King of fruit ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, terutama di Thailand, Indonesia, Filipina, Brunei, dan Malaysia.

Ada banyak orang yang menyukai buah berdaging putih atau kining satu ini tapi ada juga yang membencinya. Salah satunya lantaran aroma durian yang sangat menyengat.

Aroma menyengat pada durian muncul karena durian mengandung asam amino langka yang disebut etionin. Hal ini diungkapkan oleh sekelompok peneliti di Technical University of Munich di Jerman seperti mengutip laman IPB.

Sementara studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa kandungan etioninnya meningkat saat durian matang yang menyebabkan buah durian melepaskan baunya.

 

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan
Perbesar
Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya