Sukses

Selain Olahraga, Perhatikan 5 Tips Diet Pemula Agar Berhasil Memiliki Badan yang Ideal

Beberapa kebiasaan buruk seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, tidak berolahraga, dan sering begadang dapat menjadi penyebab meningkatnya berat badan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki badan yang ideal adalah idaman bagi banyak orang. Selain berdampak baik bagi kesehatan tubuh, badan yang ideal dapat membangun rasa percaya diri seseorang. Sayangnya, banyak yang kurang peduli dengan pola hidup sehat, dan akhirnya memiliki berat badan berlebih. 

Beberapa kebiasaan buruk seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, tidak berolahraga, dan sering begadang dapat menjadi penyebab meningkatnya berat badan seseorang. Ketika hal itu terjadi, penyakit pun mengintai seperti obesitas, diabetes, sampai penyakit jantung. 

Jadikan ini sebagai sebuah peringatan agar kamu mulai diet dengan melakukan pola hidup sehat demi mendapatkan badan yang ideal. Lalu, buat kamu yang baru mau mulai diet,ada baiknya melakukan lima tips berikut ini untuk memiliki badan yang ideal: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pilih menu sarapan tinggi serat

Sarapan itu penting, Kamu tetap butuh asupan makanan agar tetap fokus menjalani kegiatan harian. Usahakan untuk konsumsi sarapan yang tinggi serat. 

Dengan mengkonsumsi menu sarapan tinggi serat akan berdampak baik untuk sistem pencernaan tubuh, selain itu juga akan memberikan rasa kenyang yang sama saat kamu sarapan dengan nasi. Namun yang membedakan tidak akan membuat kamu gemuk karena kandungan gulanya rendah. 

Contoh pilihan menu sarapan tinggi serat yaitu, oatmeal, pisang, alpukat, yoghurt, dan masih banyak lagi. 

3 dari 6 halaman

Usahakan Selalu Defisit Kalori

Untuk mengurangi berat badan kamu harus memperhatikan berapa banyak konsumsi kalori harian, makanan seperti nasi, roti, gorengan, sampai minuman manis, dapat memberikan kadar kalori berlebih bagi tubuh. 

Usahakan untuk selalu membakar kalori berlebih yang masuk kedalam tubuh dari konsumsi harian kamu. Cara mudahnya dapat dengan rajin berjalan, atur jadwal olahraga 30 menit sehari, dan kurangi konsumsi makanan dengan kadar kalori berlebih. 

Kamu dapat mengganti beberapa makanan tersebut dengan makanan high protein, seperti dada ayam, putih telur, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Cara mengolahnya pun dipanggang, bukan digoreng karena minyak juga tidak baik buat kamu yang sedang diet. 

 

4 dari 6 halaman

Mengatur Pola Hidup

Selanjutnya ini tidak kalah penting. Usahakan untuk lebih rajin bangun pagi dengan jam tidur lebih awal. Dengan begini kamu dapat menggunakan waktu senggang di pagi hari dengan berolahraga. Seperti jogging pagi, bersepeda, dan yoga. 

Kurangi waktu begadang agar memiliki pola hidup sehat, karena biasanya saat begadang akan lebih banyak makanan tidak sehat yang kita konsumsi, yang dapat menaikan berat badan kamu. Juga dengan lebih rajin bangun pagi, akan memancarkan aura positif kamu saat berkegiatan sehari-hari. 

 

5 dari 6 halaman

Atur Jadwal Berolahraga

Setelah berhasil mengubah pola hidup dengan bangun lebih pagi, sekarang waktunya untuk kamu mulai mengatur waktu berolahraga. Ada beberapa pilihan olahraga, seperti jogging, bersepeda,atau angkat beban. 

Perlu diingat yang paling penting adalah seberapa rutin kamu bisa konsisten berolahraga. Sebaiknya kamu mulai dengan waktu yang tidak terlalu lama dulu, namun akan meningkat seiring waktu kamu rutin olahraga. 

Biasakan memulai olahraga dengan pemanasan, lalu tentukan ingin berolahraga berapa lama. Buat yang baru mulai olahraga bisa dengan waktu 10 menit dulu agar sesuai dengan kekuatan fisik, jika sudah rutin dan bisa konsisten maka waktu berolahraga dapat kamu tingkatkan. 

6 dari 6 halaman

Kurangi Minuman Manis, Perbanyak Minum Air Mineral

Selanjutnya ini tidak kalah penting, karena bisa menyebabkan rutinitas diet kamu gagal dengan terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis setelah lelah berolahraga. 

Sebaiknya kamu mengganti kebiasaan mengkonsumsi minuman manis dengan memperbanyak minum air mineral. Selain tidak mengandung gula, air mineral juga dapat mengganti kadar air dalam tubuh yang keluar dari keringat setelah berolahraga. 

 

Penulis: Akbar Gilang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini