Sukses

KPAI Kecam Kriss Hatta Pacaran dengan Gadis 14 Tahun

Kriss Hatta diketahui berpacaran dengan gadis 14 tahun tapi KPAI menilai itu anak di bawah umur

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Kriss Hatta pada Selasa, 27 September 2022, mendadak viral di Twitter. Nama aktor berumur 34 tahun jadi perbincangan karena pemberitaan yang menyebutnya berpacaran dengan gadis 14 tahun.

Di dalam berita itu Kriss Hatta secara terang-terangan menyebut hubungannya mendapat restu dari ibu sang pacar, bahkan berencana untuk menikah setelah gadis tersebut lulus SMA.

Kecaman bertubi-tubi pun datang dari warganet. Mereka menilai Kriss Hatta tak ubahnya seorang pelaku pedofilia atau pedofil.

Berita Kriss Hatta memacari gadis 14 tahun pun membuat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bersuara. KPAI mengecam Kriss Hata yang dianggap memacari anak di bawah umur.

"Kalau saat ini, usia 14 tahun sudah di jenjang SMA, berarti ada kemungkinan anak akan dinikahkan pada usia sangat muda, yang belum memenuhi usia minimun dalam UU Perkawinan, yaitu 19 tahun," kata Komisioner KPAI, Retno Listyarti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu, 28 September 2022.

Lebih lanjut Retno menyampaikan sejumlah hal terkait pemberitaan Kriss Hatta memacari gadis 14 tahun.

1. Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure yang telah memberikan contoh buruk pada masyarakat terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia.

2. Kriss Hatta juga menyatakan kalau akan menikah segera dengan sang pacar setelah lulus SMA, hal ini juga berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak.

"Padahal, pemerintah pusat dan daerah sedang giat-giatnya berjuang menurunkan angka perkawinan anak. Public figure seharusnya mendukung program pemerintah yg berdampak baik bagi bangsa ini," katanya.

"Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-haknya untuk tumbuh kembang secara optimal," Retno menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pacar Kriss Hatta Berumur 14 Tahun

3. Kriss Hatta juga mengaku sudah mendapatkan restu dari ibunda sang kekasih. Sang calon mertua disebut melarang Kriss Hatta untuk mempublikasikan hubungan mereka karena takut dikira panjat sosial alias pansos.

Menurut Retno, meski saat ini namanya tak diungkap, cepat atau lambat publik akan tahu. Hal ini akan berpotensi kuat terjadi glorifikasi kisah cinta orang dewasa yang sudah pantas menjadi ayahnya dengan anak di bawah umur.

"Jangan sampai hal ini dianggap wajar oleh publik," ujar Retno.

 

3 dari 4 halaman

Kriss Hatta Menyebut Dirinya Mirip Leonardo DiCaprio

4. Di media sosialnya, Kriss Hatta secara tersirat merasa mirip seperti Leonardo DiCaprio karena sama-sama memacari wanita yang lebih muda 20 tahun darinya. 

Seperti diketahui, belakangan Leonardo DiCaprio yang saat ini berumur 47 tahun disebut-sebut tengah menjalani hubungan dengan model papan atas Gigi Hadid yang berumur 27 tahun.

"Betul bahwa itu contoh beda usia 20 tahun, tapi Gigi Hadid sudah perempuan dewasa bukan anak di bawah umur," kata Retno.

"Usia 14 tahun masih anak-anak yang belum memiliki kematangan psikis sebagaimana Gigi yang berumur 27 tahun," dia menambahkan.

Dijelaskan Retno bahwa anak 14 tahun belum memiliki emosi yang stabil dan belum mengetahui risiko dari hubungan percintaan yang sedang dijalaninya.

Anak umur 13 s.d 15 tahun adalah usia yang baru saja jadi anak-anak, tapi belum masuk remaja.

"Jadi, ini masa peralihan. Pada masa ini, terjadi perubahan besar pada diri seorang anak secara fisik dan psikis," katanya.

 

4 dari 4 halaman

13 s.d 15 Tahun Masih Anak-Anak

Anak berumur 13 s.d 15 tahun yang sudah dibentuk sejak dini untuk menentukan kecenderungan terhadap minat dan karier yang akan mereka jalani, biasanya akan lebih mudah didorong dan dimotivasi pada usia ini.

Jadi, menurut Retno seharusnya orangtua mendukung anak perempuannya yang masih berumur 14 tahun ini untuk menggali potensinya, mendukung bakatnya, menfasilitasi kesempatan berkarier dan berkarya di masa muda.

"Bukan malah mengizinkan untuk menikah muda karena berpacaran dengan laki-laki yang jauh lebih tua darinya," katanya.

Bahkan pada umur 13 s.d 15 tahun ini, orang tua sudah bisa mulai memberi tanggung jawab atas kemampuan yang anak miliki. Kehidupan orang-orang hebat dalam sejarah menunjukkan, pada usia remaja setingkat SMP anak-anak sudah secara matang mampu mengenali kemampuannya, matang secara keilmuan dan kepribadian.

"Hal seperti ini bukan suatu yang terjadi secara tiba-tiba, tetapi telah ditempa cukup lama selama bertahun-tahun sejak usia dini," kata Retno.

"Saya mendorong media massa untuk mengedukasi masyarakat dengan tidak melakukan glorifikasi kisah cinta kriss Hatta dengan anak usia 14 tahun," pungkas Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.