Jangan Dibiarkan! Inilah 4 Dampak Negatif jika Terlalu Sering Bermain Gadget

Oleh Gloria Trivena May Ary pada 27 Sep 2022, 20:03 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 20:57 WIB
Jangan Dibiarkan! Inilah Dampak Negatif jika Terlalu Sering Bermain Gadget
Perbesar
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Di masa yang serba modern dan penuh akan teknologi yang mutakhir, penggunaan gadget jadi tidak bisa dihindari dari hari ke hari. Tak hanya untuk keperluan kerja saja, gawai biasanya digunakan untuk kebutuhan sekolah atau sekedar sebagai penghibur kala sedang berada di rumah. Meskipun memiliki banyak manfaat yang baik, ternyata penggunaan perangkat elektronik ini juga bisa menghasilkan dampak negatif yang merugikan.

Selain bisa bermasalah bagi kesehatan, pemakaian gadget yang tidak diforsir dengan baik juga dapat memicu hal-hal yang tak baik untuk keseharian. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum sadar akan betapa pentingnya untuk mengurangi ketergantungan pada alat ini. Bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan mengenai seberapa buruknya pengaruh perangkat elektronik, maka artikel berikut ini bisa menjadi insight yang bermanfaat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

1. Masalah penglihatan

Jangan Dibiarkan! Inilah Dampak Negatif jika Terlalu Sering Bermain Gadget
Perbesar
(c) Shutterstock

Menggunakan gadget dalam durasi waktu yang lama ternyata bisa membuat kemampuan mata menjadi menurun. Hal ini tentunya disebabkan oleh sinar biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik, sehingga bisa menimbulkan berbagai permasalahan pada indera penglihatan Anda. Mulai dari kemerahan, mata lelah, sensasi mata terbakar, hingga pandangan yang kabur bisa menjadi resiko buruk yang dapat mengintai.

Untuk itu, disarankan agar mengurangi penggunaan perangkat ini terlalu sering. Apabila memang sedang dibutuhkan, upayakan agar menjaga jarak minimal 16 cm dari layar gadget. Hal tersebut pastinya akan membantu Anda dalam mengurangi dampak negatif gawai pada kesehatan mata.

2. Mengganggu Pola Tidur

Jangan Dibiarkan! Inilah Dampak Negatif jika Terlalu Sering Bermain Gadget
Perbesar
(c) Shutterstock

Memakai gadget, seperti ponsel pintar dan laptop hingga larut malam, bisa menjadi hal yang buruk untuk siklus jam tidur. Apalagi bila terlalu asyik dengan kegiatan menonton film atau bermain game yang menyebabkan bisa lupa waktu. Tentunya bisa membuat Anda melewati jam tidur dan mengurangi waktu istirahat yang ideal.

Kebanyakan orang mungkin sering melakukan kebiasaan ini dengan alasan memiliki insomnia. Padahal, salah satu penyebab susahnya tidur di malam hari adalah karena penggunaan alat tersebut yang melebihi batas normalnya. Menurut American Optometric Association, paparan sinar biru di malam hari, dapat membuat kerja hormon melatonin jadi melambat. Akibatnya, Anda jadi semakin mudah terkena gangguan tidur yang satu ini.

3. Membuat Tidak Fokus

Jangan Dibiarkan! Inilah Dampak Negatif jika Terlalu Sering Bermain Gadget
Perbesar
(c) Shutterstock

Terlalu fokus terhadap perangkat internet yang dimiliki juga bisa membuat para penggunanya jadi tidak fokus terhadap apa yang dilakukan. Hal ini tentunya menjadi permasalahan yang serius karena gadget sendiri bisa mengalihkan pikiran Anda kepada hal-hal yang kurang penting. Akibatnya, kegiatan atau hal-hal yang lebih bermanfaat dan prioritas jadi terabaikan dan tidak diperhatikan.

Permasalahan ini tentunya tidak hanya terjadi kepada orang dewasa saja. Nyatanya, banyak juga para pelajar yang lebih mementingkan berbagai bentuk informasi tidak berguna yang tersedia di layar gadget mereka, dibandingkan fokus untuk belajar. Selain itu, pemakaian alat ini juga bisa mengurangi kemampuan kognitif yang dimiliki apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama dan intensitas yang sering.

4. Postur Tubuh jadi Tidak Ideal

Jangan Dibiarkan! Inilah Dampak Negatif jika Terlalu Sering Bermain Gadget
Perbesar
(c) Shutterstock

Apakah Anda pernah merasa postur tubuh yang dimiliki berubah jadi tidak lagi ideal? Mungkin saja hal tersebut terjadi jika Anda terlalu lama menghabiskan waktu di depan layar gawai yang dimiliki. Kebiasaan membungkuk yang sering sekali dilakukan, bisa membuat tulang belakang jadi tak lurus lagi.

Selain tidak bagus bagi penampilan, perubahan postur tubuh ini juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karena hal tersebut bisa menekan bagian depan tubuh, khususnya pada dada. Akibatnya, pernapasan juga bisa terpengaruh dan jadi tidak lancar.

Itu dia beberapa dampak negatif dari seringnya bermain gadget. Bila tak dicegah mulai sekarang, maka bisa membawa efek yang lebih buruk lagi kedepannya. Karenanya, bijaklah dalam penggunaan gadget dari sedini mungkin. Sehingga, mata bisa lebih sehat dan hidup pun jadi bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya