Rekomendasi Susu Formula yang Bagus dan Penuh Nutrisi untuk Temani Tumbuh Kembang Anak

Oleh stella maris pada 27 Sep 2022, 14:22 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 14:26 WIB
Ilustrasi susu formula
Perbesar
Ilustrasi susu formula/Shutterstock-New Africa.

Liputan6.com, Jakarta World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia merekomendasikan bagi para ibu yang baru melahirkan, untuk menyusui bayi secara eksklusif. Dimulai saat satu jam pertama kelahiran hingga enam bulan pertama. 

Tujuannya tak lain agar bayi mencapai pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan yang optimal. Setelah itu, si Kecil harus diberikan makanan pendamping ASI yang bergizi buatan sendiri atau susu formula. 

Dikutip laman Fatherly, ada beberapa fakta mengenai susu formula yang dapat diberikan untuk menjaga tumbuh kembang si Kecil. Fakta yang paling utama bahwa susu formula tak membuat ikatan antara ibu dan bayi hilang, loh!

Yup, ada banyak waktu bagi ibu atau pun ayah untuk menjalin ikatan dengan bayi yang diberi susu formula. Bahkan susu formula membantu kedekatan antara bayi dan ayah, sebab tak hanya ibu yang bisa menyusui bayi, tetapi ayah termasuk di dalamnya.

Selain itu, hubungan anak dan orang tua tidak terjadi akibat kontak kulit ke kulit. Jadi, ayah dan ibu tidak perlu telanjang dada untuk membangun kontak dengan bayi mereka.

Pemberian susu formula juga menjadi suatu kebutuhan, ketika sang ibu tak mampu menghasilkan ASI yang cukup untuk bayinya. Faktor penyebabnya beragam, mulai dari masalah kesehatan hingga para ibu yang bekerja dan pada akhirnya butuh bantuan susu formula untuk asupan si Kecil. 

Salah satu rekomendasi susu formula yang bagus dan penuh nutrisi adalah Nutribaby Royal. Ini merupakan susu yang diformulasikan untuk bayi berusia 0-6 bulan. Nutribaby Royal terdapat kandungan gizi yang lebih baik dan tentunya aman untuk dikonsumsi bayi. 

Adapun kandungan yang ada di dalamnya di antaranya adalah Omega 3 dan 6, AA dan DHA, Laktosa, Prebiotik, 18 Vitamin dan mineral yang baik bagi pertumbuhan serta perlindungan bayi.

Fakta kedua adalah susu formula juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat diterima si Kecil, seperti kandungan protein, energi, vitamin, dan mineral susu formula bayi telah diatur secara ketat sejak tahun 1980-an.

Setiap susu formula yang dijual pun wajib memenuhi kebutuhan nutrisi yang sama untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi. Ketua American Academy of Pediatrics Committee on Nutrition, Abrahms, masih dikutip dari laman Fatherly menegaskan bahwa susu formula dirancang untuk memastikan pertumbuhan yang memadai. 

Memang, ASI diberikan sebagai dukungan kekebalan yang tidak dapat direplikasi dengan susu formula, itulah sebabnya mengapa dokter anak mengatakan bahwa ASI adalah yang terbaik untuk bayi. Meski demikian, bukan berarti susu formula adalah pilihan yang buruk untuk menjaga tumbuh kembangnya. 

Untuk bayi usia 6-12 bulan, rekomendasi susu formula yang kaya nutrisi adalah Nutribaby Royal 2. Ini adalah susu formulai lanjutan yang mengandung antioksidan campuran tokoferol alami yang baik untuk si Kecil. Untuk penggunaannya, tentunya harus berdasarkan saran dari dokter. Meski mengonsumsi susu formula lanjutan, si Kecil tetap harus mendapatkan makanan pendamping yang sesuai untuk tumbuh kembangnya. 

Fakta selanjutnya bahwa susu formula tak selalu menyebabkan obesitas, loh! Memang ada beberapa mitos yang menghubungkan susu formula dengan risiko obesitas pada anak-anak. 

Akan tetapi, hal itu bukan karena apa yang ada dan terkandung di dalam susu formula, melainkan masalah pengasuhan anak. Memberi susu formula secara berlebihan atau tanpa takaran yang dianjuran memungkinkan jadi penyebab utama terjadinya obesitas pada anak.

Biasanya ibu muda suka mengganti asupan makan bayi dengan susu karena dianggap praktis dan mudah. Namun, anjuran konsumsi yang tidak sesuai dapat menimbulkan masalah tersebut.

Selain itu yang harus diperhatikan ketika memberi susu formula adalah apakah si Kecil mengalami gangguan di saluran pencernaan atau malabsorsi. Pemberian susu formula dengan kondisi khusus seperti ini atau alergi karena protein susu, ada baiknya jika dikonsultasikan lebih dulu ke dokter. Umumnya susu formula Nutribaby Royal Pepti diberikan untuk keperluan medis, khusus untuk bayi berusia 0-12 bulan. 

Nah, semua kebutuhan terkait pembelian susu formula tersedia di Tokopedia! Dengan mudah, Mom dapat mencari susu formula sesuai usia dan kebutuhan si Kecil. 

 

(*)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya