Sukses

Ketahui 5 Kiat Jitu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Ketika Musim Pancaroba Datang!

Ketika musim pancaroba datang, masyarakat harus cerdas dalam menjaga daya tahan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Ketika musim pancaroba datang, masyarakat harus cerdas dalam menjaga daya tahan tubuh. Peralihan musim seperti ini, menjadikan cuaca sulit untuk diprediksi dan memudahkan tubuh terserang penyakit, seperti batuk pilek, dan demam. 

Peralihan musim umum terjadi di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis, yaitu memiliki dua perbedaan musim, musim penghujan dan musim kemarau. Secara otomatis, hal tersebut akan berpengaruh terhadap reaksi tubuh kita. 

Pada kondisi tersebut, tubuh akan berusaha keras untuk beradaptasi dengan temperatur sekitarnya. Di saat itulah daya tahan tubuh semakin melemah dan tubuh menjadi rentan terserang penyakit. 

Untuk itu, antisipasi dengan pola hidup sehat menjadi kunci agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit dengan 5 langkah jitu di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Konsumsi Makanan Bergizi dengan Porsi Seimbang

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang. Harus dipahami bahwa setiap orang membutuhkan asupan gizi berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia, aktivitas, dan kondisi khusus lainnya, seperti hamil menyusui, atau sakit.

Jadi, pastikan bahwa kamu sekeluarga selalu menyantap makanan bergizi dengan porsi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami. Selain itu, batasi konsumsi makanan yang berkalori tinggi, seperti kandungan lemak dan gula yang tinggi, atau mengandung zat aditif.

2. Olahraga Secara Teratur

Asupan makanan yang bergizi dengan porsi yang seimbang saja nyatanya belum cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu sekeluarga juga wajib berolahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat.

Kamu bisa mencoba berbagai jenis olahraga, seperti jogging, bersepeda, atau bulu tangkis. Olahraga tersebut, sebisa mungkin harus dilakukan minimal tiga kali seminggu agar kamu semakin terbiasa dengan aktivitas satu ini.

3 dari 4 halaman

3. Tidur yang Cukup

Daya tahan tubuh berkaitan erat dengan waktu tidur yang cukup. Proses regenerasi sel dan produksi antibodi secara maksimal dalam tubuh akan terjadi secara maksimal ketika tidur. Untuk itu, kamu harus memiliki waktu tidur yang cukup agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Sebagai informasi, rincian kebutuhan waktu tidur, mulai dari anak prasekolah dengan rentang usia 3-5 tahun membutuhkan 10-13 jam per hari. Untuk anak usia sekolah dengan rentang usia 6-13 tahun, membutuhkan waktu tidur 9-11 jam per hari.

Sementara untuk remaja berusia 14-17 tahun membutuhkan waktu tidur 8-10 jam per hari. Lalu, ketika menginjak dewasa dengan rentang usia 18-64 tahun membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per hari. Dan lansia yang berusia di atas 65 tahun membutuhkan waktu tidur 7-8 jam per hari.

4. Patuhi Protokol Kesehatan

Walaupun angka kasus Covid-19 sudah menurun, kebiasaan baik seperti mematuhi protokol kesehatan harus terus dijalankan. Dengan menjaga protokol kesehatan, segala jenis virus akan sulit menyerang tubuhmu. 

Oleh karena itu, kamu harus rajin mencuci tangan, khususnya ketika beraktivitas di ruang publik, memakai masker ketika beraktivitas, menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas di tempat umum.

4 dari 4 halaman

5. Rutin Konsumsi Suplemen

Agar daya tahan tubuh semakin terjaga, suplemen bisa menjadi asupan tambahan yang jitu. Seperti diketahui, konsumsi suplemen sangat penting bagi kesehatan kamu sekeluarga. Pasalnya, makanan sehari-hari yang dikonsumsi belum tentu dapat memenuhi kebutuhan gizi secara optimal.

Menurut Product Manager Egoji Anita Anastasia keseimbangan sistem imun dapat dikembalikan dengan mengonsumsi suplemen.

“Mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh, nantinya akan mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu akibat adanya penyakit atau infeksi,” katanya.

Selaras dengan itu, PT Novell Pharmaceutical Laboratories menghadirkan Egoji sebagai solusi untuk menjaga daya tahan tubuh. Suplemen yang dihadirkan Egoji memiliki kandungan yang lengkap dan sudah berstandar internasional. Saat ini, Egoji hadir dalam berbagai bentuk, seperti  kapsul, sirup, dan gummy.

Selain itu, Egoji kapsul dan sirup mengandung 4 ekstrak herbal berkhasiat, yaitu Echinacea yang berperan sebagai imunomodulator yang efektif menangkal radikal bebas. Ada juga Phyllanthus Niruri (meniran) yang berperan sebagai imunomodulator sekaligus memperkuat daya tahan tubuh dan menjadi zat anti peradangan alami.

Tak ketinggalan, ada juga Black Elderberry yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak rentan terserang penyakit seperti flu dan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Terakhir, ada Goji Berry yang membantu meredakan stres, menghambat penuaan dini, dan meningkatkan kualitas tidur.

Untuk Egoji sirup, varian tersebut memiliki rasa yang enak dengan dua varian rasa, yaitu anggur dan appleberry sehingga disukai oleh anak-anak. Dan untuk Egoji jenis gummy, diformulasikan khusus untuk anak karena memiliki bentuk yang menarik.

Bentuk gummy yang hadir menyerupai dino memiliki 5 varian rasa, yaitu strawberry, jeruk, blackcurrant, melon, dan leci. Egoji Gummy mengandung ekstrak goji berry serta vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan zinc.

Dengan segala khasiat yang terkandung di dalamnya, tubuh kamu akan mendapatkan double protection dan immune booster untuk kesehatan kamu sekeluarga ketika mengonsumsi Egoji secara rutin. Jadi, langsung saja pesan Egoji secara praktis melalui official online store ya!

Itulah 5 langkah jitu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Saatnya ciptakan pola hidup teratur agar kamu sekeluarga tetap sehat!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini