Sukses

4 Cara Sederhana Menghilangkan Stres dalam Lima Menit, Patut Dicoba!

Banyak orang menganggap bahwa menghentikan stres itu cukup sulit. Padahal sebenarnya, kamu bisa menghilangkannya dalam hitungan menit saja.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, entah itu level ringan atau akut. Stres adalah sumber berbagai macam penyakit. Mulai dari penurunan berat badan, kerontokan rambut, kehidupan seksual, dan penyakit kronis. 

Meskipun demikian, banyak orang menganggap bahwa menghentikan stres itu cukup sulit. Padahal sebenarnya, kamu bisa menghilangkannya dalam hitungan menit saja. Bagaimana caranya? Simak langsung seperti yang dilansir dari Psychology Today berikut ini.

1. Fake Smile? Boleh, Tapi Jangan Terlalu Sering

Dalam studi yang dirilis di Sage Journals, disebutkan bahwa Duchenne smile, jenis senyum lebar yang melibatkan otot-otot wajah sekitar mata, dapat meningkatkan suasana hati. Meskipun dilakukan dengan pura-pura atau fake smile, senyuman ini bahkan bisa membantu mengurangi stres ketika situasi sekitar membuat kamu merasa nggak mood.

Ketika melakukan fake smile ini, akan meningkatkan kadar serotonin di otak, yang membuat kamu merasa kurang stres dan sedikit lebih bahagia. Nggak hanya itu, senyuman juga akan membuat suasana hati orang sekitar menjadi lebih baik walau hanya pura-pura.

2. Mari Bergoyang sambil Bernyanyi

Salah satu cara ini mungkin akan menjadi favoritmu. Setelah melalui hari yang terasa berat, perlu banget lho buat mengistirahatkan mental dan fisik dengan cara menari sambil menyanyi. Mainkan lagu favorit kamu dan lakukan beberapa gerakan tarian untuk memperbaiki mood biar bagus lagi. Melakukan tarian atau goyangan tubuh sambil bernyanyi mengikuti irama merupakan cara sederhana untuk mengatasi stres dalam hitungan menit. Dijamin! Hati lebih senang, masalah pun hilang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Makan Permen Karet, Yuk!

Mengunyah permen karet di waktu senggang memang aktivitas yang mengasyikan. Namun secara fakta, permen karet juga dapat mengurangi gejala gangguan mental seperti kecemasan dan depresi. 

Kalau kamu sedang merasa cemas, deg-degan atau stres, coba deh kunyah permen karet. Mengunyah permen karet juga dapat menstimulasi aliran darah dan air liur, dampaknya pun akan membuat mood atau suasana hatimu bisa makin membaik. So, kalau kamu lagi bad mood, yuk coba kunyah permen karet siapa tahu suasana hatimu jadi lebih baik.

4. Hitungan Ketiga, Yuk Tarik Napas

Mengambil napas terbukti menurunkan kadar kortisol. Hasilnya, teknik ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang kamu rasakan. Untuk memulainya, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut.

  • Cari tempat yang sepi dan nyaman, lalu duduk dengan tenang.
  • Tutup mata dan ambil napas melalui hidung.
  • Tarik napas dalam-dalam dari hidung selama tiga detik. Lalu, hembuskan napas dari mulut secara perlahan.
  • Atur timer dan bernapas dengan cara ini setidaknya selama lima menit. Rasakan apakah kamu sudah melihat adanya perbedaan dalam suasana hati.

Sekarang lakukanlah 4 hal diatas, dijamin stres akan hilang dalam hitungan lima menit dan kamu akan merasa lebih baik.

"The happiness of your life depends upon the quality of your thoughts" - Marcus Aurelius

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini